nusabali

Poltrada Bali Buka Puluhan Formasi untuk Menjadi ASN Kementerian Perhubungan

  • www.nusabali.com-poltrada-bali-buka-puluhan-formasi-untuk-menjadi-asn-kementerian-perhubungan

TABANAN, NusaBali
Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali membuka puluhan formasi Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) tahun 2023 setara Diploma tiga (D III), untuk menjadi profesional di Bidang Angkutan Darat Kementerian Perhubungan.

Sipencatar pola pembibitan artinya melewati tahapan pendidikan ini dibuka 1 – 30 April 2023. Ada 1.408 formasi secara nasional, dan untuk Poltrada Bali mendapat jatah 49 formasi.

Jatah 49 formasi untuk dua program studi yakni Manajemen Transportasi Jalan 25 formasi dan program studi Teknologi Otomotif 24 formasi. Bagi mereka yang lolos seleksi maka langsung menjadi ASN Kementerian Perhubungan.

Dan menariknya untuk Sipencatar tahun 2023, calon taruna khususnya di Bali yang ingin mendaftar Poltrada luar Bali bisa mendaftar di Poltrada Bali yang berlokasi di Desa Samsam, Kecamatan Kerambitan, Tabanan.

Direktur Poltrada Bali Efendhi Prih Raharjo, menjelaskan pendaftaran seleksi dimulai sejak 1 April dan akan berakhir di 30 April 2023 nanti. Selama proses pendaftaran ini sudah dibentuk panitia seleksi. “Saat ini pendaftaran sudah memasuki hari ke-11, dan secara total seluruh Indonesia pendaftar sudah mencapai ribuan,” ujarnya, Selasa (11/4).

Kata dia, formasi secara nasional dan jatah untuk di Poltrada Bali memang berkurang di 2023 dibandingkan tahun 2022 secara total berjumlah 3.350 formasi. “Meskipun berkurang, itu tidak jadi masalah karena kami berkomitmen mencetak taruna yang berkualitas,” kata Raharjo.

Dengan sudah dibukanya pendaftaran ini Raharjo mengajak seluruh putra - putri Indonesia yang ingin bersekolah kedinasan di Poltrada Bali, agar segera mendaftar. Syarat pendaftaran ataupun informasi lengkap bisa diakses melalui website sipencatar.dephub.go.id.

Tak hanya itu, selama proses seleksi ini Raharjo meminta jangan percaya isu-isu yang sesat, artinya isu menjanjikan kelulusan. Sebab seleksi yang dilakukan berjalan ketat sesuai dengan aturan.

Apalagi, tegas dia, seluruh karyawan Polrada Bali sudah menandatangani pakta integritas untuk tak melakukan korupsi, kolusi, dan nepotisme. Apabila ini dilanggar maka akan disanksi tegas langsung dari Kementerian Perhubungan.

“Jadi ikuti tahapan seleksi dengan baik, karena kami sudah berkomitmen dalam proses pendaftaran berjalan akuntabel sesuai dengan aturan,” tandas Raharjo.

Ketua Panitia Sipencatar Poltrada Bali Kodrat Alam mengatakan setelah proses pendaftaran makan akan dilanjutkan tahapan seleksi. Ada sejumlah seleksi yang harus diikuti calon taruna, mulai dari tes SKD (seleksi kompetensi dasar), tes kesehatan, hingga psikotes. “Informasi lebih lengkap secara detail bisa diakses melalui website,” ucapnya. *des

Komentar