nusabali

Ayu Pastika Ajak Siswa Gemar Makan Ikan

  • www.nusabali.com-ayu-pastika-ajak-siswa-gemar-makan-ikan

Nyonya Ayu Pastika, istri Gubernur Bali Made Mangku Pastika, mengajak segenap siswa SD dari Kecamatan Sidemen, Karangasem, gemar makan ikan.

AMLAPURA, NusaBali
Karena protein pada ikan bisa merangsang otak anak jadi pintar dan cerdas. Nyonya Pastika juga memberikan wawasan mengenai pentingnya makan ikan. 

Sejumlah pertanyaan diajukan kepada siswa, dan yang menjawab ‘betul’ diberikan hadiah. Pertanyaannya seputar, jenis-jenis ikan yang hidup di air tawar, di laut dan manfaat  mengkonsumsi ikan. Hal itu terungkap pada acara Gerakan Gemar Makan Ikan di Balai Desa Pakraman Tabola, Kecamatan Sidemen, Karangasem, Kamis (8/6).

Pertanyaan Ayu Pastika yang pertama: "Sebutkan empat jenis ikan yang hidup di air Tawar?" Ternyata banyak siswa yang menjawab salah. Salah satu siswa ada yang menjawab ikan hiu.

Menyusul salah satu siswa SD, kemudian mempertegas empat jawaban, empat jenis ikan yang hidup di air tawar yakni lele, sidat, gurami dan karper. "Makanya anak-anak mesti sering makan ikan, biar jadi pintar, cerdas, dan badannya jadi besar, kayak saya," ujar Ayu Pastika, disambut gelak tawa para undangan yang hadir.

Ayu Pastika juga mengajukan pertanyaan, khusus kepada siswa SDN 2 Sidemen. Siswa kelas III Desi Ratnaningsih yang menjawab, tiga jenis ikan yang hidup di laut: tongkol, tuna dan paus. 

Pertanyaan tambahan Ayu Pastika: "Apa cita-citanya." Desi Ratnaningsih menjawab, ‘cita-cita ingin menjadi istri Gubernur Bali, hingga kembali disambut gelak tawa para undangan.

Pertanyaan juga diajukan oleh Staf Ahli Bupati Karangasem dr Priagung Duarsa MRepro, dan Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali I Made Gunaja.

Gunaja menanyakan, jenis ikan yang hidup di air tawar yang berkumis, dengan cepat dijawab siswa, ikan lele. Dalam acara itu, segenap undangan diajak makan sate dan krupuk ikan. k16

Komentar