nusabali

Kemenag Karangasem Belum Jadwalkan Dharma Santhi Nyepi

  • www.nusabali.com-kemenag-karangasem-belum-jadwalkan-dharma-santhi-nyepi

AMLAPURA, NusaBali
Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Karangasem  belum menetapkan jadwal Dharma Santhi Nyepi Tahun Baru Isaka 1945.

Perayaan Nyepi tersebut telah berlangsung pada Buda Paing Uye, Rabu (22/3). Plt Kepala Kemenag Karangasem I Wayan Lipur, berjanji menyelenggarakan acara tersebut. "Nantilah, waktunya belum kami tetapkan," jelasnya kepada NusaBali di Pura Penataran Agung Besakih, Banjar Besakih Kangin, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Rabu (5/4).

Kata dia, acara Dharma Santhi Nyepi merupakan rangkaian hari raya Nyepi sebagai wujud keharmonisan antarsesama umat Hindu di Karangasem. Acara ini juga untuk meningkatkan toleransi beragama.

Sementara itu, Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa mengatakan tidak ada kesulitan biaya untuk penyelenggaraan Dharma Santhi Nyepi. "Soal biaya bisa kita bicarakan. Penyelenggaraan Dharma Santhi Nyepi, lembaga mana saja bisa melaksanakan, pemerintah mendukung," katanya.

Karena masih ada kesibukan Karya Agung Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Penataran Agung Besakih, lanjut  Artha Dipa, agenda Dharma Santhi Nyepi belum terjadwal. Nantinya Pemkab Karangasem berkoordinasi dengan Kemenag, PHDI Karangasem, FKUB Karangasem dan lembaga umat lainnya.

Di bagian lain, Ketua PHDI Karangasem Dr Ni Nengah Rustini MAg mengatakan, pihaknya belum ada koordinasi dengan pihak terkait tentang rencana pelaksanaan Dharma Santhi Nyepi. "Kan Pemkab Karangasem mestinya yang menyelenggarakan, di Provinsi Bali saja belum terlaksana. Kami masih menunggu koordinasi dari Pemkab Karangasem," jelas Rustini.*k16

Komentar