nusabali

Dikpora Gelar Upacara Rsi Gana, Wawali Mendem Pedagingan

  • www.nusabali.com-dikpora-gelar-upacara-rsi-gana-wawali-mendem-pedagingan

DENPASAR, NusaBali
Disdikpora Kota Denpasar menggelar upacara Mamungkah, Rsi Gana, Caru Balik Sumpah Alit, Penyakap Karang, Pengetas Karang, dan Pujawali pada Anggara Kliwon Prangbakat, Selasa (4/4).

Upacara yang dipuput oleh Ida Pedanda Gede Dwija Putra dari Geria Baturiti Tabanan, ini dihadiri Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa sekaligus mendem pedagingan di Palinggih Pura Kantor setempat.

Wawali Arya Wibawa mengatakan, upacara Rsi Gana adalah untuk menetralisir pengaruh negatif dan memenuhi ruang yang ada dengan pengaruh positif. Selain itu upacara ini merupakan prosesi untuk melinggihkan Ida Sang Hyang Widi Wasa dalam manifestasinya di tempat suci.

“Semoga dengan dilaksanakannya upacara ini ke depan semua staf yang bertugas di kantor Disdikpora dapat meningkatkan kinerja dan keharmonisan antara para staf dan stakeholder,” kata Wawali Arya Wibawa.

Ketua Panitia Karya Cok Putra Wisnu Wardhana menjelaskan upacara ini diselenggarakan karena sebelumnya lahan kantor Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar berasal dari dua sekolah yang dijadikan satu. Selain itu bangunan yang dibongkar tidak disertai dengan pembongkaran dasarnya, serta tempat suci digeser.

Sehingga secara niskala Tri Mandala itu diubah, tentu secara niskala akan menimbulkan aura yang kurang bagus dan berdampak pada pawongan yang ada di tempat tersebut. Oleh karena itu digelar upacara tersebut dengan tujuan agar Tri Mandala dan Tri Hita Karana kantor Disdikpora ini menjadi harmonis dan memberikan aura yang positif.

Puncak piodalan berlangsung pada Purnama Kedasa disertai dengan Guru Piduka. “Hal itu dilakukan karena Disdikpora mengubah tegak piodalan dari Purnama Kasa menjadi Purnama Kedasa,” kata Wisnu Wardhana. *bin

Komentar