nusabali

Ikan Paus 5 Ton Dikubur Gunakan Alat Berat

  • www.nusabali.com-ikan-paus-5-ton-dikubur-gunakan-alat-berat

TABANAN, NusaBali
Ikan paus yang ditemukan terdampar di Pantai Batu Lumbang, Desa Antap, Kecamatan Selemadeg akhirnya dikubur, Senin (3/4).

Penguburan paus jenis bryde whale atau balaenoptera edeni ini dilakukan menggunakan alat berat. Kepala Dinas Perikanan Tabanan I Gusti Ngurah Agung Suryana mengatakan penguburan paus seberat 5 ton dengan panjang 11 meter ini dilakukan Senin pagi.  "Ikan sudah selesai dikubur menggunakan alat berat yang disewa di Denpasar," ujarnya, Senin (3/4).

Proses penguburan ikan paus ini sudah dilakukan sejak Minggu (2/4) sore dengan pembuatan lubang. Kemudian karena lubang belum rampung penguburan dilanjutkan Senin pagi sampai siang sekitar pukul 12.15 Wita. "Lubangnya sedalam 6 meter dengan diameter besar karena ini ikannya besar," tegas Suryana.

Ikan paus terdampar di Tabanan bukan kali pertama. Sebelumnya juga terjadi hal sama karena siklus. Bahkan diperkirakan paus yang terdampar di Batu Lumbang ini sudah mati sekitar 2 pekan di tengah laut kemudian terdampar. "Mati sudah lama ini dilihat dari ciri paus yang sudah membusuk saat terdampar dan menimbulkan bau menyengat," katanya.

Untuk itu agar tak menimbulkan bau menyengat ketika sudah dikubur, telah dilakukan proses pemadatan di kuburan ikan tersebut termasuk mengantisipasi ketika adanya gelombang pasang. "Ikan dikubur 200 meter dari posisi saat ditemukan terdampar," tandas Suryana. *des

Komentar