nusabali

Ada Hidden Gem di Jimbaran, Sensasi Menikmati Sunset di Atas Tebing

  • www.nusabali.com-ada-hidden-gem-di-jimbaran-sensasi-menikmati-sunset-di-atas-tebing
  • www.nusabali.com-ada-hidden-gem-di-jimbaran-sensasi-menikmati-sunset-di-atas-tebing
  • www.nusabali.com-ada-hidden-gem-di-jimbaran-sensasi-menikmati-sunset-di-atas-tebing

MANGUPURA, NusaBali.com – Salah satu pusat pariwisata Bali Selatan yakni kawasan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung,sangat cocok untuk wisatawan penikmat senja. Kawasan ini terkenal memiliki beberapa pantai pasir putih yang indah dan tak terlalu diketahui banyak orang.

Salah satu pantai itu adalah Pantai Tegal Wangi yang berlokasi di Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung.

Untuk bisa sampai ke tebing-tebing Pantai Tegal Wangi, pengunjung akan berjalan kaki sekitar 300 meter dengan rute jalanan yang tidak rata dan sedikit berbatu.

Sebaiknya, pengunjung yang akan pergi ke Pantai Tegal Wangi menggunakan sandal jepit atau pun sandal gunung yang nyaman digunakan untuk berjalan jauh dengan rute bebatuan.

Tidak ada biaya masuk ke Pantai Tegal Wangi ini. Membayar biaya parkir kendaraan pun tidak ada. Area parkir mobil dan motor berada di kawasan luar pantai, tepat di pinggir jalan raya yang sepi.

Karena tidak ada penjagaan dari petugas, sebaiknya bagi pengunjung yang ingin melipir  ke Pantai Tegal Wangi harus mengecek kendaraan dan memastikan kendaraan dan helm sudah terkunci dengan aman.

Namun, pengunjung yang ingin melakukan aktivitas air harus berjalan kaki menuruni tebing untuk bisa sampai di bibir pantai. Walaupun sedikit menguras tenaga, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan pantai pasir putih yang bersih. Nampak pula spot foto menarik yaitu adanya gua alami tepat di sisi timur yang tak jauh dengan kolam alami.

Dari atas tebing, pengunjung akan disuguhkan dengan lautan luas yang biru. Selain itu, garis pantai yang berada di kawasan dengan teluk yang tidak begitu luas berbentuk melengkung.

Saat menjelang sore tepat pukul 17.00 Wita kawasan ini akan dipenuhi oleh anak muda yang sedang duduk santai di atas tebing untuk menunggu matahari terbenam.

Selain bersantai menunggu matahari terbenam, dilihat dari Pantauan NusaBali.com banyak pengunjung yang melakukan aktivitas lain seperti berenang, berfoto, piknik, bahkan memancing ikan.

Dari atas tebing disisi timur, pengunjung bisa melihat pesawat yang akan lepas landas di Bandara Ngurah Rai. Sedangkan letak garis pantai yang menghadap di sisi barat daya menjadikan Pantai Tegal Wangi  salah satu tempat terbaik untuk melihat pemandangan matahari terbenam di Bali.

Untuk pengunjung yang lupa membawa makanan atau minuman, terdapat pula pedagang bermotor yang siap melayani pengunjung. Adapula pedagang bermotor yang berjualan lumpia, sempol ayam, bahkan bakso. Harganya pun ramah dikantong mulai dari Rp 5.000 saja.

Salah satu pengunjung Adinda Amelia (22) menuturkan dirinya memang sengaja pergi ke Pantai Tegal Wangi setelah beberapa waktu lalu Bali diguyur hujan deras.

“Ini pertama kali ke sini dan tahu pantai ini dari teman yang membagikan fotonya di Instagram. Keindahan pantainya di luar ekspektasi sih bagus sekali,” ujar wanita yang tinggal di kawasan Kerobokan Kelod, Kuta Utara, Badung ini.

Sementara, pengunjung lainnya Andi Saputra (25) mengatakan dirinya memang sering menghabiskan waktu di sore hari ke Pantai Tegal Wangi. Laki-laki yang tinggal tak jauh dari pantai ini menyebutkan, semenjak adanya aplikasi TikTok membuat eksistensi Pantai Tegal Wangi semakin eksis hingga tak jarang orang-orang jauh berdatangan ke sini.

“Dulu itu hanya warga lokal saja yang ke sini untuk mancing dan duduk santai. Tetapi sekarang sudah mulai ramai bahkan ada wisatawan asing juga yang sudah tahu tempat ini,” ujar pria yang tinggal di kawasan Ungasan, Jimbaran, Bali.

Andi Saputra pun mengungkapkan walaupun kawasan ini dapat diakses secara gratis dan sudah mulai banyak dikunjungi wisatawan, ia berpesan agar setiap pengunjung tetap memperhatikan kebersihan Pantai Tegal Wangi.

“Saya lihat banyak orang yang bawa cemilan dari luar, semoga saja sampah itu langsung dibawa pulang atau dibuang ke tempat sampah terdekat supaya Pantai Tegal Wangi ini tetap terjaga kebersihannya,” pesan Andi Saputra. *ris


Komentar