nusabali

Polres Tabanan Daki Gunung Sanghyang, Cegah Pencurian Kayu Hutan Lindung

  • www.nusabali.com-polres-tabanan-daki-gunung-sanghyang-cegah-pencurian-kayu-hutan-lindung
  • www.nusabali.com-polres-tabanan-daki-gunung-sanghyang-cegah-pencurian-kayu-hutan-lindung

TABANAN, NusaBali.com – Polres Tabanan melakukan pendakian Gunung Sanghyang di Kecamatan Penebel pada Sabtu (1/4/2023) lalu. Pendakian sekaligus patroli gunung ini dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP Leo Dedy Defretes.

Gunung setinggi 2.087 mdpl ini menjadi sasaran kedua Polres Tabanan sebagai tempat giat pendakian sekaligus patroli setelah sebelumnya menjajal Gunung Batukaru pada Sabtu (25/3/2023) lalu. Di mana gunung setinggi 2.276 mdpl itu, sebagian kakinya juga berada di wilayah Kecamatan Penebel.

“Pendakian ini kami lakukan untuk kegiatan olahraga sekaligus untuk berpatroli guna mencegah pencurian kayu di kawasan hutan lindung,” kata Leo usai melakukan pendakian.

Berdasarkan sumber yang tidak ingin disebutkan identitasnya, kepada NusaBali.com, sumber ini menjelaskan bahwa tindakan pencurian kayu di pegunungan Tabanan memang cukup marak terjadi. Mirisnya, tindakan ini dilakukan secara terorganisir dan melibatkan warga setempat.

Kayu dari hutan lindung yang biasanya berjenis langka itu kemudian diperjualbelikan. Tindakan melawan hukum ini dikatakan distimulasi dari luar desa adat kemudian mencari perpanjangan tangan dari warga setempat. Lantas, pihak yang diajak berafiliasi ini memanfaatkan ketidaktahuan warga lain khususnya yang berasal dari keluarga prasejahtera.

Melalui pendakian dari Polres Tabanan yang dikomandoi langsung oleh pimpinan tertinggi kepolisian resor, Leo berharap tindakan semacam itu dapat dicegah dan diminimalisir. Mantan Kapolres Badung ini mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk melestarikan alam salah satunya dengan cara mendaki gunung tanpa menyentuh, merusak, dan mengotori yang ada di dalamnya.

“Mendaki gunung juga merupakan salah satu cara untuk menyelaraskan diri dengan alam. Mari cintai alam dan jangan ada tindakan merusak,” tegas Leo.

Sementara itu, pendakian yang mengambil sisi utara gunung melalui jalur Gobleg-Tamblingan ini berhasil diselesaikan oleh tim pendakian Polres Tabanan. Sama seperti pendakian di Gunung Batukaru yang mencapai Pura Pucak Kedaton, pendakian di Gunung Sanghyang yang juga disebut Gunung Puncak Kembar karena memiliki dua titik tertinggi ini pun berhasil dituntaskan. *rat

Komentar