nusabali

Paus Seberat 5 Ton Terdampar di Pantai Batu Lumbang

  • www.nusabali.com-paus-seberat-5-ton-terdampar-di-pantai-batu-lumbang

TABANAN, NusaBali - Satu ekor Ikan Paus ditemukan terdampar di Pantai Batu Lumbang, Desa Antap, Kecamatan Selemadeg, Tabanan, Sabtu (1/4). Paus seberat 5 ton dengan panjang 11 meter ini ditemukan dalam kondisi membusuk.

Kapolsek Selemadeg AKP Nikolas Sinar Running menegaskan paus ditemukan terdampar oleh warga, Sabtu pagi 10.00 Wita. Kemudian dilaporkan kepada aparat desa dan kepolisiian, karena kondisinya telah membusuk dikhawatirkan menganggu kesehatan jika tak ditangani. 

"Kesepakatan dari warga ikan dikubur di sekitar pantai, kemudian penanganannya menggunakan ekskavator mengingat ukurannya besar," jelasnya, Minggu (2/4). 


Hanya saja penguburan yang rencana dilakukan, Minggu sore belum berhasil dilakukan. Ini karena lubang yang disiapkan belum rampung. Lagi pula penggalian lubang tak boleh dilalukan terlalu pendek supaya tak menimbulkan bau busuk. "Lubang baru sedalam 5 meter sehingga penguburan dilanjutkan besok (hari ini)," jelasnya.

Dia menerangkan agar ikan paus dikubur tak menimbulkan bau busuk rencana ikan akan dipecah beberapa bagian. "Kalau tak dipecah sulit, harus buat lubang besar, tak efektif. Kita potong-potong jadi sejumlah bagian," tandasnya. 

Paus diduga terdampar ini awalnya ditemukan oleh warga, I Made Sukarata. Dia melihat ada benda hitam saat tengah ngayah di Pura Serijong tak jauh dari lokasi temuan paus. "Tadi pagi saat ngayah sempat lihat ada benda hitam di pantai, ternyata itu ikan besar, saya juga tidak tahu itu jenis ikan paus atau ikan hiu," terangnya. Dengan adanya paus terdampar itu, banyak warga penasaran dan menyaksikan dari dekat paus tersebut. 7 des

Komentar