nusabali

Dinas Perpustakaan dan Arsip Rancang Pojok Baca di Taman Janggan

  • www.nusabali.com-dinas-perpustakaan-dan-arsip-rancang-pojok-baca-di-taman-janggan

DENPASAR, NusaBali
Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Denpasar mulai merancang penempatan pojok baca di ruang publik, salah satunya di Taman Janggan, Denpasar.

Pojok baca ini dibuat karena literasi merupakan hal penting yang patut dibudayakan di era Revolusi Industri 4.0 ini. Karena keberadaan buku sangatlah penting guna mendukung terciptanya generasi yang cerdas dan unggul.

Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar, Dewa Sudarsana saat diwawancarai, Kamis (23/3). Menurut dia, pihaknya sudah merancang pembangunan pojok baca ini di sejumlah tempat beberapa waktu lalu. Namun, akibat pandemi Covid-19 program tersebut belum bisa terealisasi.

Kini, pada tahun 2023 ini, program tersebut sudah dipastikan akan terealisasi. Bahkan, untuk lokasinya sudah ditentukan di Taman Janggan, kawasan Niti Mandala, Denpasar. Untuk tahap awal, pihaknya hanya membangun satu pojok baca. “Sambil kita melihat respon masyarakat terhadap pojok baca ini. Bila responnya bagus, kami akan rancang lagi di tempat lain,” ujarnya.

Dikatakan, pojok baca yang akan dibangun ini menggunakan bok kontainer yang dimodifikasi. Pojok baca ini bersifat tetap, namun bisa dipindah bila ada kegiatan lainnya. “Kami rancang bisa dipindah, karena menggunakan bok kontainer,” jelasnya.

Pembangunan pojok baca ini menggunakan dana APBD tahun ini. Berbeda dengan pojok baca yang akan dibangun di sejumlah desa. Karena pemerintah pusat juga akan membantu beberapa desa untuk membangun pojok baca. Dananya juga berasal dari pusat.

Sebelumnya, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan juga memiliki program Perpustakaan Keliling dengan menyasar Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Denpasar. Pelaksanaan Perpustakaan Keliling ini merupakan sarana promosi serta publikasi sebagai upaya pengenalan perpustakaan kepada masyarakat Kota Denpasar.

Sehingga upaya untuk membangkitkan minat dan kebiasaan membaca bagi masyarakat dan siswa dapat terwujud. Secara umum perpustakaan keliling dijadwalkan setiap hari Selasa, Rabu dan Kamis dengan menyasar sekolah dan tempat umum di Kota Denpasar.

Perpustakaan keliling juga dilaksanakan di Lapangan Puputan I Gusti Ngurah Made Agung serta Lapangan Lumintang setiap hari Minggu pukul 15.00 Wita. Selain itu, penyediaan pojok baca juga dilaksanakan di ruang publik dan gedung pelayanan publik guna memberikan pilihan referensi buku bagi masyarakat yang sedang menunggu antrean.*mis

Komentar