nusabali

Pelanggar Didominasi Wisman

Polres Badung Sita 14 STNK dan 4 Motor

  • www.nusabali.com-pelanggar-didominasi-wisman

'Para pelanggar yang ditilang ini terus didominasi oleh wisatawan mancanegara. Rata- rata mereka bawa helm tapi tidak dipakai'

MANGUPURA, NusaBali
Satlantas Polres Badung dipimpin Kasat Lantas AKP Ni Putu Meipin Ekayanti menggelar razia di Kawasan Tinubeneng, Kecamatan Kuta Utara, Sabtu (18/3). Hasilnya, kegiatan yang digelar sejak pukul 10.00 Wita sampai pukul 11.00 Wita tersebut menindak 20 pelanggar yang didominasi wisatawan mancanegara (wisman).

Dari 20 pelanggar yang ditindak, rinciannya yaitu tanpa helm 16 orang, pelanggaran tanpa surat-surat yang sah 4 orang. Sementara barang bukti yang disita polisi yakni 2 SIM (Surat Izin Mengemudi), 14 STNK (Surat Tanda Kendaraan Bermotor) dan sebanyak 4 unit kendaraan bermotor.

Kasatlantas Polres Badung AKP Ni Putu Meipin Ekayanti mengatakan, kegiatan operasi bertujuan untuk menertibkan pengguna jalan, utamanya wisatawan mancanegara yang ulahnya bikin resah serta menjadi sorotan belakangan ini. Kata AKP Meipin, melalui kegiatan razia jajaran Polda Bali bertindak tegas terhadap semua pelanggar.

“Pagi ini (kemarin,red) kami melaksanakan penertiban bersama dengan unsur terkait, antara lain dari Satpol PP Badung dan Dinas Pariwisata Badung. Masih banyak ditemukan pelanggaran, baik tanpa helm maupun kelengkapan dokumen atau surat-surat kendaraan lainnya,” ungkap AKP Meipin.

AKP Meipin menjelaskan, sebelumnya jajaran Satlantas Polres Badung juga melaksanakan penindakan di tempat lain dan ditemukan banyak pelanggar yang didominasi wisatawan mancanegara. “Para pelanggar yang ditilang ini terus didominasi oleh wisatawan mancanegara. Rata- rata mereka bawa helm tapi tidak dipakai,” ujar AKP Meipin.

Sementara Kapolres Badung, AKBP Teguh Priyo Wasono mengatakan, tindakan tegas terhadap pelanggar lalu lintas karena belakangan ini marak oleh ulah wisatawan mancanegara yang melakukan pelanggaran di jalan raya. Untuk menekan pelanggaran itu, kata Kapolres Teguh, Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra memberikan fokus pada Operasi Cipta Kondisi Agung 2023 ini, untuk menertibkan wisatawan yang nakal.

“Selain masalah pelanggaran lalu lintas, Operasi Cipkon ini juga menindak pelanggaran lainnya, seperti pekerja asing ilegal dan melanggar keimigrasian. Narkoba, kepemilikan senjata api, dan tindak pidana lainnya,” ujar Kapolres Teguh. *pol

Komentar