nusabali

Jelang Perayaan Nyepi dan Idul Fitri

Komisi VI Ingatkan Antisipasi Harga Kebutuhan Pokok

  • www.nusabali.com-jelang-perayaan-nyepi-dan-idul-fitri

JAKARTA,NusaBali
Anggota Komisi VI DPR RI membidangi perdagangan, BUMN, Putu Supadma Rudana mengingatkan pemerintah agar mengantisipasi dan mengawal harga-harga kebutuhan pangan/bahan pokok agar tetap stabil.

Selain menyoroti soal harga kebutuhan pokok yang biasanya melonjak saat hari raya, Supadma Rudana berharap pemerintah melalui lembaga dan stakeholder terkait memastikan kelancaran transportasi saat mudik Lebaran.

“Tantangan global itu adalah menyangkut air, pangan dan energi, kemudian masalah transportasi. Kemudian Bulan Ramadhan (Idul Fitri) nanti, kita ingin pemerintah memastikan ketersediaan bahan pokok dengan harga yang stabil dan terjangkau untuk rakyat,” ujar Supadma Rudana  dalam video yang dibagikan usai diwawancara awak media di sela-sela sidang paripurna di DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (14/3).

Kata Supadma Rudana, saat perayaan Lebaran nanti kebutuhan bahan pokok dipastikan meningkat. Sehingga, semua pihak, pemerintah, Komisi VI akan mengawal, supaya harga lebih stabil dan stoknya mencukupi. “Maka semua pihak, DPR RI, pemerintah harus mengawal bersama-sama. Nanti ada Perayaan Nyepi dan Perayaan Idul Fitri, kita ingin semuanya menyangkut pangan kondisinya aman,” ujar politisi Partai Demokrat asal Desa Peliatan, Kecamatan Ubud, Gianyar ini kepada NusaBali, Selasa.

Kata dia, kondisi cuaca diharapkan tidak sampai menghambat distribusi bahan pokok. “Maka hal ini memerlukan manajemen, terutama mengawal distribusinya. Sehingga harganya juga terpantau dan stabil. Distribusi jangan sampai terhambat yang bisa menyebabkan harga naik, kami ingatkan ini kepada pemerintah,” tegas Supadma Rudana yang mengaku akan mengusulkan kepada pimpinan Komisi VI untuk segera hearing dengan Kementerian Perdagangan dan BUMN.

Sementara terkait dengan kebutuhan transportasi saat mudik Lebaran, Supadma Rudana berharap jajaran BUMN yang mengelola bandara,transportasi publik menyiapkan pelayanan yang maksimal. Terutama harga tiket yang terjangkau.”Banyak yang akan berlibur saat musim mudik bersama keluarga. Kita ingin jajaran BUMN memastikan harga tiket pesawat bisa terjangkau, macet teratasi, jangan sampai menimbulkan insiden nanti,” tegas Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen DPR RI ini.  

“Kami akan panggil mitra kerja Komisi VI, untuk bisa bersama-sama mengawal kondisi ini, saya yakin mitra kerja kita siap bekerja sama. Saya juga apresiasi dengan Presiden Jokowi yang dengan kerja keras turun sidak–sidak pasar memastikan harga pokok stabil,” ujar Supadma Rudana.*nat

Komentar