nusabali

Jembrana Umumkan 15 Ogoh-Ogoh Terbaik

  • www.nusabali.com-jembrana-umumkan-15-ogoh-ogoh-terbaik

NEGARA, NusaBali
Tim Juri Lomba Ogoh-ogoh Kabupaten Jembrana telah menetapkan 15 ogoh-ogoh karya Sekaa Terun (ST) terbaik di lima kecamatan se-Jembrana dalam rangka Nyepi Tahun Saka 1945 tahun 2023.

Nantinya, ogoh-ogoh yang masuk 15 besar ini akan diadu untuk penentuan pemenang lomba ogoh-ogoh Pemkab maupun Pemprov melalui parade di Catus Pata Kabupaten Jembrana, saat pangerupukan atau H-1 Nyepi, Selasa (21/3) mendatang.

Sebelumya, dari Tim Juri Lomba Ogoh-Ogoh Kabupaten Jembrana telah merampungkan penilaian ogoh-ogoh di lima kecamatan se-Jembrana, Kamis (9/3) dan Jumat (10/3). Kemudian pada Minggu (12/3), diadakan rapat tim juri untuk menentukan 3 ogoh-ogoh terbaik di tiap kecamatan atau total 15 ogoh-ogoh se-Jembrana.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Parbud) Jembrana Anak Agung Komang Sapta Negara mengatakan, penetapan ogoh-ogoh 15 besar, itu ditentukan oleh tim juri. Setelah menerima hasil penilaian pada Minggu sore kemarin, dirinya sudah langsung melapor kepada Bupati, dan Bupati pun telah menyatakan oke. "Murni keputusan tim juri. Kita tidak ikut campur," ujarnya, Senin (13/3).

Sesuai teknis lomba, kata Sapta Negara, ada 5 ogoh-ogoh di tiap kecamatan yang dinilai. Dari 5 ogoh-ogoh per kecamatan itu, dicari 3 besar di tiap kecamatan yang akan berhak tampil dalam parade di Catus Pata Kabupaten Jembrana, saat pengerupukan pada Selasa (21/3) nanti. "Saat parade nanti, tiap STT wajib membawakan gambelan dan fragmentari. Dari sana juga akan dinilai untuk mencari pemenang lomba ogoh-ogoh yang diadakan Pemkab termasuk yang dari Pemrov," ucap Sapta Negara.

Dalam lomba ogoh-ogoh tahun 2023 ini, Pemkab Jembrana memberikan dana apresiasi sebesar Rp 2,5 juta kepada masing-masing STT se-Jembrana. Kemudian STT yang ogoh-ogohnya masuk 15 besar, diberikan bantuan dana pementasan sebesar Rp 7 juta per STT.  Kemudian dari 15 besar itu, akan dicari 5 pemenang dengan hadiah total Rp 58 juta. Masing-masing Juara I Rp 20 juta, Juara II Rp 15 juta, Juara III Rp 10 juta, Juara IV Rp 8 juta, dan Juara V Rp 5 juta.

Selain dari Pemkab Jembrana, pihak Pemprov Bali juga mengadakan lomba ogoh-ogoh untuk kabupaten/kota se-Bali. Dari Pemrov akan memberikan hadiah kepada 3 pemenang lomba ogoh-ogoh di tiap kabupaten/korban. Masing-masing Juara I Rp 50 juta, Juara II Rp 35 Juta, dan Juara III Rp 20 Juta. Di samping itu, dari Pemrov juga menyediakan hadiah untuk 144 karya ogoh-ogoh terbaik kecamatan se-Bali. *ode

Komentar