nusabali

Kunjungan Raja Salman Berimbas

  • www.nusabali.com-kunjungan-raja-salman-berimbas

Kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud ke Bali pada Maret 2017 yang lalu membawa dampak naiknya jumlah kunjungan wisatawan Arab Saudi ke Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung.

MANGUPURA, NusaBali
Jumlah kunjungan selama Januari hingga Maret 2017 sebanyak 3.509 orang. Sedangkan pada periode yang sama tahun 2016 hanya mencapai 2.888 orang.

“Wisatawan asal Arab Saudi memang belum masuk lima besar kunjungan teratas di Nusa Dua. Namun kini jumlah wisman Arab mengalami peningkatan,” kata Managing Director Kawasan Nusa Dua I Wayan Karioka, Sabtu (3/6).

Dirinya yakin jumlah kunjungan akan terus bertambah seiring dengan banyaknya event yang digelar di Pulau Peninsula, kawasan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). “Saya yakin wisman Arab ini akan lebih banyak lagi. Kami akan upayakan promosi ke Arab atau ke negara lain yang memiliki potensi positif,” imbuhnya.

Hingga kini jumlah kunjungan tertinggi masih dikuasai oleh wisman asal China. Wisman China tahun ini sebelum memasuki semester pertama mengalami peningkatan sekitar 10 persen dari tahun sebelumnya.

“Kini dominasi wisman asal China yang berada di urutan teratas kunjungan di Nusa Dua. Hunian di ITDC untuk wisman asal China hingga kini mencapai 80 persen. Sementara tahun sebelumnya hanya mencapai sekitar 65-70 persen,” kata Karioka.

Sementara untuk lama hunian, menurut Karioka, untuk saat ini lama tinggal wisatawan di kawasan ITDC berkisar 3,5 hari hingga 3,6 hari. Dirinya mengharapkan agar ke depannya bisa semakin meningkat, seiring banyaknya event yang akan dihelat di Pulau Peninsula. cr64

Komentar