nusabali

Seleksi Tahap Awal, Loloskan 10 Pasang Finalis Jegeg Bagus Klungkung 2023

  • www.nusabali.com-seleksi-tahap-awal-loloskan-10-pasang-finalis-jegeg-bagus-klungkung-2023

SEMARAPURA, NusaBali.com – Sebanyak 30 peserta Jegeg Bagus Klungkung, berlomba merebut 10 posisi sebagai finalis Jegeg Bagus Klungkung 2023, setelah melalui proses seleksi akhir di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung pada Minggu (5/3/2023) sore.

Ketua Umum Paguyuban Jegeg Bagus Klungkung, I Gede Mahendra Ananda Wiguna menerangkan dari awal pendaftaran Jegeg Bagus Klungkung 2023, diikuti oleh sebanyak 49 orang. Lalu pada tahap seleksi pertama pada Sabtu (4/3/2023), peserta dikurasi menjadi 15 pasang finalis untuk melaju pada tahap seleksi kedua sebagai tahap penentuan pada Minggu (5/3/2023).

“Tahapan penilaian tahun ini kami sudah mengembangkan dari tahun sebelumnya. Tahun ini pada seleksi tahap pertama ada tes tulis, tes potensi dasar, tes wawasan personal, dan tes bakat. Lalu, pada seleksi tahap kedua ada seleksi tes keterampilan dan tes wawancara,” ujar Mahendra saat ditemui di lokasi pada Minggu (5/3/2023) sore.

Kriteria umum peserta tahun ini, lanjut Mahendra mengacu pada kriteria yang juga ditetapkan oleh Panitia Jegeg Bagus Provinsi Bali. Diantaranya Jegeg dan Bagus Klungkung merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Kabupaten Klungkung, berusia 16-24 tahun, berpenampilan menarik dengan berat badan dan tinggi proporsional, memiliki wawasan mengenai budaya, kepariwisataan serta menguasai bahasa baik Bahasa Indonesia, Bahasa Bali, dan Bahasa Asing.

Setelah menetapkan 10 pasang finalis Jegeg dan Bagus Klungkung, Mahendra menerangkan tahapan selanjutnya para finalis akan melaksanakan tahapan lanjutan yakni pra karantina, karantina dan deep interview.

“Pada tahap ini mereka akan melakukan berbagai kegiatan selain untuk berlatih mempersiapkan diri ke Grand Final. Akan ada kegiatan visit company ke beberapa UMKM ternama di Klungkung, penambahan materi dari psikolog, oleh Bupati Klungkung, I Wayan Suwirta, dan lain-lainnya,” imbuh pria kelahiran 6 Februari 1996 itu.

Berbeda dari tahun sebelumnya, beber Mahendra acara Grand Final Jegeg Bagus Klungkung akan didapuk pada panggung terbuka tepat di depan Monumen Ida Dewa Agung Jambe Klungkung, Jumat (28/4/2023) mendatang.

“Tahun ini kami  akan melaksanakannya di panggung terbuka, yang juga sekaligus pembukaan Festival Semarapura. Tentu melihat momen ke belakang selalu mendapat antusias yang luar biasa, apalagi di panggung terbuka masyarakat yang hadir pasti akan lebih banyak,” tuturnya.

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Salah satu juri, Dewa Ayu Diah Tri Paramita Putri Nida menjelaskan penilian tahun ini lebih berfokus pada format penilaian sebelumnya. Meskipun demikian, sebut Dewa Ayu pihaknya berharap pada proses pra karantina dan karantina para finalis dapat menambahkan pengetahuan dan keterampilan baru.

Tidaklah sendiri, dalam proses penilaian Dewa Ayu turut dibersamai oleh 4 rekan juri lainnya yakni Putu Nanda Pramadya, Ida Ayu Upawita Dewi, Dewa Made Krisna Adhi Sanjaya, dan I Gede Mahendra Ananda Wiguna.

Pada proses penilaian Jegeg Bagus Klungkung, kata Dewa Ayu memiliki 3 komponen format penilaian yang berbasis pada penilaian Jegeg Bagus di Provinsi Bali yakni smart, charming, dan hospitable.

“Tentu kami di Kabupaten Klungkung juga menambahkan aspek penilaian lain seperti leadership dan entrepreneurship dalam penilaian kali ini. Termasuk kami juga melakukan penilaian kemampuan bakat dan penilaian adat dari setiap peserta,” tuturnya.

Disinggung soal kualitas dari para peserta tahun ini, Dewa Ayu menjelaskan jika kualitias peserta setiap angkatan memiliki karakteristik yang berbeda. Terlebih, tahun ini kata dia para peserta di dominasi oleh pelajar SMA dan SMK.

“Dari seleksi tahap pertama kami para dewan juri cukup berdebat panjang untuk menentukan para finalis. Tetapi balik lagi, kami mengombinasikan 3 kriteria utama ditambah dengan kriteria tambahan. Sehingga perlu waktu untuk kami menentukan 10 besar peserta yang terbaik,” tegasnya.

Adapun evaluasi yang Dewa Ayu tekankan kepada setiap 10 pasang finalis Jegeg Bagus Klungkung, yakni menggunakan dan mengisi waktu sebaik-baiknya sebelum melaju pada tahap Grand Final.

“Kami dari dewan juri sangat berharap semoga dalam waktu satu bulan sebelum Grand Final, mereka semua bisa mengisi diri lebih baik, menambah kemampuan keterampilan, memperbaiki sikap dan kepribadian mereka. Sehingga nanti ketika mereka ada di Grand Final mereka bisa menampilkan diri yang terbaik dan dapat pula memberikan yang terbaik untuk diri mereka sendiri,” pungkasnya. *ris

Adapun hasil Finalis Jegeg Klungkung 2023 sebagai berikut:
1. Ni Komang Diva Diana Pramesti (SMAN 1 Semarapura)
2. Ni Putu Risa Sasikirana Weda (Politeknik Pariwisata Bali)
3. Ni Kadek Sri Ratih Parwati (Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar)
4. Ni Putu Ayudia Pratiwi (SMAN 2 Semarapura)
5. Ni Kadek Diah Meilina Dewi (Universitas Warmadewa)
6. Putu Vrisya Anjani Taradewi (SMAN 1 Semarapura)
7. A.A Istri Ananda Pramesti (Universitas Warmadewa)
8. Ni Kadek Dwipa Karunia Putri (SMAN 1 Banjarangkan)
9. Ni Putu Efa Jatiningrum (SMKN 1 Klungkung)
10. Ni Made Mirah Kariani (SMAN Pariwisata Saraswati)

Sementara, hasil Finalis Bagus Klungkung 2023 sebagai berikut:
1. Kadek Deni Guniawan Deni Bandem (SMKN 1 Klungkung)
2. Gede Pii Aditya (Poltekkes Kemenkes Denpasar)
3. I Dewa Gede Putra Susila (SMAN 1 Dawan)
4. I Wayan Aditya Purnama (SMAN 1 Banjarangkan)
5. Kasek Januarta (Mediterranean Bali)
6. I Made Ardy Gerrard Yunantara (SMAN 1 Semarapura)
7. Komang Dwipayana Mahayoga (SMAN 2 Semarapura)
8. Pande Putu Gede Bany Dananjaya (SMKN 1 Klungkung)
9. I Gusti Ngurah Anom Pradnya Kencana (SMAN 1 Semarapura)
10. Wayan Angga Diastika (Politeknik Negeri Bali)



 



Komentar