nusabali

Jaga Kamtibmas Sekolah, 615 Anggota PKS Dilantik Kapolres Tabanan

  • www.nusabali.com-jaga-kamtibmas-sekolah-615-anggota-pks-dilantik-kapolres-tabanan

TABANAN, NusaBali.com – Menjaga kamtibmas di lingkungan pendidikan dinilai krusial. Oleh karena itu, 615 anggota Patroli Keamanan Sekolah (PKS) dilantik pada Selasa (28/2/2023) di Mapolres Tabanan.

Ratusan anggota PKS ini berasal dari instansi SMA sederajat se-Kabupaten Tabanan. Sebagai ekstrakurikuler dan mitra kepolisian, PKS bertugas menjaga kamtibmas di lingkungan sekolah dan menyebarkan gerakan patuh berlalu lintas.

Pada era orde baru, PKS disebut Polisi Keamanan Sekolah. Namun pada tahun 1975, istilah polisi diganti menjadi patroli. Konsekuensinya PKS mengalami penyesuaian tugas terbatas di lingkungan sekolah dengan ekstensi di bidang lalu lintas.

AKBP Ranefli Dian Candra, Kapolres Tabanan menuturkan bahwa seorang anggota PKS harus memahami dengan benar aturan dan kepatuhan lalu lintas. Di samping itu, mampu menjadi mitra Polri dalam menjaga keamanan di sekolah.

Foto: Anggota PKS memperagakan gerakan pengaturan lalu lintas. -IST

“Seluruh anggota PKS wajib mengetahui aturan lalu lintas dan menjadi mitra Polri dalam menjaga kamtibmas dan kamselticar lantas,” tegas Nefli saat memberikan sambutan pada acara pelantikan.

Dalam pelaksanaan tugasnya, PKS dibina oleh seorang instruktur dari Satuan Lalu Lintas Polres Tabanan. Keberadaan instruktur di setiap pangkalan PKS berfungsi untuk pembinaan dan pematangan kemampuan seorang anggota PKS seperti Latihan Baris Berbaris dan kepatuhan lalu lintas.

Terlepas dari sejarah berdirinya PKS, Nefli berharap ekstrakurikuler ini mampu menjadi medium menggembleng pribadi pelajar Tabanan. PKS diharapkan mampu melahirkan pelajar yang tanggap, cekatan, berjiwa sosial, dan berwawasan kebangsaan. *rat

Komentar