nusabali

7 Fakta Irak, Lawan Perdana Timnas Indonesia Pada Piala Asia 2023

  • www.nusabali.com-7-fakta-irak-lawan-perdana-timnas-indonesia-pada-piala-asia-2023

JAKARTA, NusaBali.com - Hasil pengundian Piala Asia U-20 2023 mempertemukan Indonesia dengan negara-negara kuat seperti tuan rumah Uzbekistan, Irak dan Syiria.

Pertandingan AFC U20 Asian Cup Uzbekistan 2023: Indonesia vs Irak akan digelar di Stadion Lokomotiv pada Rabu 1 Maret 2023 malam pukul 19.00 WIB.

Namun sebelum menyaksikan pertandingan tersebut, perlu diketahui beberapa fakta berikut tentang Irak calon lawan Timnas Indonesia nanti.

1. Negara Cukup Berbahaya

Irak lolos ke Piala Asia U-20 2023 sebagai runner-up Grup H dengan mengoleksi enam poin dari tiga pertandingan. Irak menjadi runner-up terbaik urutan keempat di Kualifikasi Piala Asia U-20. Irak finish di bawah Australia yang keluar sebagai juara Grup H.

Pada kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Irak menang atas India 4-2, mengalahkan Kuwait 2-0, dan kalah 0-1 dari Australia. Sehingga Irak total meraih dua kemenangan, satu kekalahan, dengan mencetak enam gol, dan kebobolan tiga gol dari tiga pertandingan yang dijalani. Hasil yang diraih Irak pada kualifikasi Piala Asia U-20 merupakan pencapaian yang cukup positif sehingga patut diwaspadai Timnas Indonesia.

2. Indonesia Belum Pernah Menang 

Timnas Indonesia U-19 telah tiga kali berhadapan dengan Irak. Hasilnya adalah dua kali kalah dan sekali seri. Hasil seri tersebut didapatkan Timnas Indonesia U-19 ketika melawan Irak di Piala Asia U-19 1994

3. Irak Pernah Lima Kali Juara Piala Asia U-20

Irak menjadi salah satu negara terbaik yang telah mengoleksi lima trofi Piala Asia U-20 yaitu juara pada 1975, 1977, 1978, 1988, dan 2000. Bahkan, Irak juga tidak pernah absen dalam putaran final Piala Asia sejak 2004 atau dalam delapan edisi terakhir.

Ini membuktikan bahwa Irak bukan lawan yang mudah untuk dikalahkan Indonesia. Namun melihat potensi pemain Indonesia saat ini, rasanya cukup mungkin untuk mengalahkan Irak pada pertandingan Grup A nanti.

4. Gelar Cukup Banyak

Sampai saat ini Irak menjadi negara kedua dengan perolehan gelar terbanyak di Piala Asia di bawah usia 20. Mereka hanya kalah dari Korea Selatan yang mengklaim 12 trofi.  

5. Hanya Kalah Dari Australia

Australia menjadi tim yang mengalahkan Irak pada kualifikasi Piala Asia U-20 2023 dengan skor 0-1. Kekalahan ini membuat Irak menjadi runner-up grup H. Pertandingan berlangsung cukup ketat menunjukkan performa yang baik dari kedua tim, namun Australia mampu mencetak satu gol yang mampu mengunci kemenangan.

6. Irak Sering Mengikuti Piala Dunia U-20

Irak seringkali mengikuti ajang Piala Dunia U-20 dan telah beberapa kali berhasil mencapai babak-babak penting dalam kompetisi tersebut. Salah satu pencapaian terbaik mereka adalah menempati peringkat keempat pada edisi Piala Dunia U-20 di Turki pada tahun 2013. Di ajang tersebut Irak berhasil mencapai babak semifinal dan bermain dengan cukup baik.

7. Punya Pemain Potensial

Irak mempunyai sejarah bagus dalam keikutsertaannya pada Piala Asia U-20 sejak 1975. Saat ini Irak menjadi negara peringkat keempat yang mengoleksi gelar Piala Asia U-20 terbanyak. Hal ini tak lepas dari kualitas pemain Irak yang cukup mumpuni.

Terbukti dari enam gol yang diperoleh, lima gol diciptakan oleh pemain yang berbeda-beda yaitu Abdulrazzaq Qasim, Hayder Abdulkareem, Ali Sadeq, dan Muslim Al-Hamdani, Irak saat ini diperkuat pemain-pemain yang tergabung dalam sejumlah klub yang berkompetisi di Iraqi Premier League 2022/2023 dan tim junior. Selain itu Irak saat ini juga mempunyai penyerang yang tergabung dengan tim junior Liga Belanda De Graafschap Doetinchem U-21 yaitu Blnd Hassan. Pelatih Irak U-20 saat ini ditangani oleh mantan pemain timnas Irak yaitu Emad Mohammed. Saat berkarier sebagai pesepak bola profesional, Emad dikenal memiliki banyak prestasi membanggakan bersama sejumlah klub Irak. 

Komentar