nusabali

Sepanjang 1,3 Kilometer Ditanami Bunga Kertas

  • www.nusabali.com-sepanjang-13-kilometer-ditanami-bunga-kertas

MANGUPURA, NusaBali
Jasamarga Bali Tol (JBT) melanjutkan penghijauan di ruas Jalan Tol Bali Mandara.

Berdasarkan perencanaan sepanjang 1,3 kilometer akan ditanami bunga kertas. Ditargetkan penghijauan selesai sebelum perayaan Nyepi pada Maret 2023.

Manager Operation and Maintenance PT Jasamarga Bali Tol I Putu Gandi Ginantra, mengatakan kegiatan penghijauan jalan Tol Bali Mandara dengan menanam bunga kertas sudah dilakukan bulan ini. Adapun target penghijauan, kata dia sebelum perayaan Nyepi. Median yang disentuh, utamanya dari titik Interchange Ngurah Rai hingga gerbang Tol Nusa Dua.

“Saat ini masih pada tahap pemasangan bekisting untuk pengecoran menutup celah pada median, sehingga nanti bisa diisi media tanam. Seperti pada bagian median lainnya, itu akan kami isi dengan bunga kertas,” kata Gandi, Kamis (23/2).

Selama proses pengerjaan, Gandi memastikan kelancaran lalu lintas tetap menjadi prioritas. Pada titik tertentu pihaknya sengaja memasang rambu, sebagai penanda sedang ada pekerjaan. Begitu pula seluruh pekerja mengenakan alat pelindung diri, sebagai bagian dari implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). “Karena ada pengerjaan ini, kami imbau para pengguna untuk senantiasa memperhatikan dan mematuhi rambu rambu yang ada. Kami juga maaf jika pelaksanaan pekerjaan ini mengganggu kenyamanan berkendara di jalan tol,” imbaunya.

Gandi tidak menampik, menghijaukan Jalan Tol Bali Mandara tidak semudah membalikkan telapak tangan. Sebab, keberadaan Jalan Tol Bali Mandara berada di atas laut yang ada di kawasan perairan Teluk Benoa. Jadi, faktor cuaca seperti angin kencang dan juga ketersediaan air menjadi perhatian serius. Tapi terlepas dari itu, pihaknya telah komitmen kuat untuk menghijaukan Jalan Tol Bali Mandara secara optimal.

“Tantangannya banyak, termasuk menyediakan air untuk penyiraman. Namun karena kami sudah komitmen, maka apapun itu kami lakukan untuk menghijaukan jalan tol,” tegas Gandi. *dar

Komentar