nusabali

Lantai 4 Pasar Kumbasari Akan Jadi Sentra IKM

  • www.nusabali.com-lantai-4-pasar-kumbasari-akan-jadi-sentra-ikm

Lantai 4 Pasar Kumbasari bisa menampung 30-50 pelaku IKM untuk kegiatan pameran, jika ukuran setiap stand pameran 3 meter x 2 meter.

DENPASAR, NusaBali
Pemkot Denpasar mulai merancang kembali penataan Pasar Kumbasari, di Jalan Gajahmada. Penataan kali ini akan dilakukan pada lantai 4 pasar yang rencananya akan dijadikan pusat pameran bagi pelaku industri kecil menengah (IKM). Penataan tersebut sebagai lanjutan dari perbaikan bagian atap, ornamen depan pasar, dan lantai luar gedung.

Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa sebelumnya mengungkapkan ruang promosi tersebut akan direhab tahun ini dan ditarget rampung akhir 2023. “Penataan tahap pertama dan kedua sudah selesai. Saat ini kita akan menata sisi dalamnya. Kita sudah bicarakan dengan Disperindag, bagaimana jika kita pusatkan produk UMKM di Denpasar khususnya tenun, kerajinan, dan sebagainya untuk pameran di Pasar Kumbasari,” kata Wawali Arya Wibawa.

Terkait hal tersebut, Dirut Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar Ida Bagus Kompyang Wiranata, Selasa (21/2), mengatakan sudah mendapatkan informasi dari Pemerintah Kota Denpasar terkait rencana penggunaan gedung tersebut. Gedung yang akan digunakan adalah lantai 4 yang akan dimanfaatkan sebagai sentra IKM.

Dikatakan Gus Kowi, sapaan Ida Bagus Kompyang Wiranata, sebelumnya lantai 4 ini sudah dilakukan penataan oleh salah satu organisasi perangkat daerah (OPD), namun hingga saat ini belum dimanfaatkan. Ruang tersebut diakuinya cukup besar, bisa menampung 30-50 pelaku IKM untuk kegiatan pameran jika ukuran setiap stand pameran 3 meter x 2 meter.

Luasan lantai 4 tersebut sekitar 30 meter x 20 meter lebih, bahkan jika ada pagelaran, ruangan tersebut bisa menampung sebanyak 100 orang.

“Dulu kalau tidak salah sempat akan dijadikan tempat pameran kain endek Bali, tapi tidak berjalan. Tempatnya cukup besar, kalau difungsikan untuk pameran bisa menampung 30-50 IKM,” ucap Gus Kowi.

Menurutnya, Perumda Pasar Sewakadarma sangat mendukung program dari pemerintah. Namun karena ini merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), ada aturan yang harus diikuti terkait penggunaan tempat di pasar. “Polanya nanti akan dibicarakan lebih lanjut. Pasti kami akan beri kemudahan, karena ini program pemerintah tentu kami dukung apalagi dalam hal memajukan IKM Kota Denpasar,” tandasnya.

Di tahun 2023 ini, Gu Kowi mengatakan pemerintah akan kembali membiayai revitalisasi Pasar Kumbasari dari lantai 2, 3, dan 4. Lantai 1 akan bisa difokuskan untuk kawasan parkir. “Dulu revitalisasi dilakukan dan dibiayai Pemkot Denpasar, nah tahun ini juga akan dibiayai pemerintah. Jadi nantinya akan dilakukan revitalisasi lantai 2, 3, dan 4,” ujar Gus Kowi.

Mantan Ketua Komisi II DPRD Kota Denpasar dari Fraksi PDIP ini mengatakan, untuk perbaikan tahun ini akan dilakukan pada lorong, tampilan kios dari depan, dan lantai selasar di lantai 2 dan 3. Selain itu juga rencananya akan dibuatkan jalan ketika masuk dalam lorong ada space tempat duduk. Sementara untuk lantai 4 diperbaiki pada lantai hall yang nantinya digunakan untuk pameran. *mis

Komentar