nusabali

Pendaftaran Caleg Dibuka! Hanura Bali Buka Pendaftaran Gelombang I

  • www.nusabali.com-pendaftaran-caleg-dibuka-hanura-bali-buka-pendaftaran-gelombang-i

DENPASAR, NusaBali.com - Menjadi anggota dewan bukan hanya prestise, namun juga berkesempatan memperjuangkan kepentingan rakyat melalui jalur yang tepat. Lalu bagaimana cara menjadi anggota dewan?

Sebelum menjadi anggota dewan, tentu saja harus melalui beberapa tahapan. Mulai terdaftar sebagai bakal calon legislatif (bacaleg), kemudian calon legislatif (caleg), hingga akhirnya bertarung dalam Pemilu Legislatif (Pileg), dan astungkara terpilih menjadi anggota dewan.

Langkah ini sudah semakin dekat dengan pendaftaran bacaleg yang dibuka oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) yakni tahapan pencalonan anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota mulai 24 April 2023 - 25 November 2023.

Tentunya sebelum pencalonan definitif ini, diawali dengan pendaftaran bacaleg di tingkat partai politik (parpol) peserta Pemilu.

Partai Hanura Provinsi Bali pun mengajak warga Bali yang ingin menjadi anggota dewan untuk mendaftar sebagai bacaleg.

“Kami sudah buka pendaftaran bagi warga Bali untuk menjadi anggota dewan,” kata Sekretaris DPD Partai Hanura Provinsi Bali, Gde Wirajaya Wisna, Senin (20/2/2023).

Ditegaskan oleh Wirajaya jika Hanura tidak mengkotak-kotakkan siapa yang bisa menjadi bacaleg. “Kami adalah partai nasionalis, jadi sangat welcome kepada semua kalangan untuk bergabung dan memperjuangkan kepentingan masyarakat bersama Hanura,” tegas Wirajaya.

Politisi yang setia bersama Hanura sejak berdiri pada tahun 2006 ini menyebutkan jika Hanura adalah partai yang konsisten mewujudkan kesejahteraan rakyat. 

“Kali ini kami memang tidak masuk dalam parlemen, namun sebelumnya selalu ada di parlemen. Walau begitu jumlah anggota dewan di seluruh Indonesia saat ini sangat besar, mencapai 809 orang,” ungkap Wirajaya.

Besarnya jumlah anggota dewan tersebut, lanjut Wirajaya, menunjukkan  Hanura dicintai masyarakat di Indonesia. Oleh karena itulah Wirajaya mengajak masyarakat mendaftar sebagai bacaleg dari Partai Hanura.

Sementara itu Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Hanura Mardiki Supriadi mengatakan generasi milenial atau generasi Z sudah saatnya ikut terjun langsung dalam kepemerintahan dengan cara menjadi anggota dewan.

“Mereka adalah generasi super power, generasi hebat. Merekalah yang menjadi game changer. Sayang jika potensi yang dimiliki tidak digunakan untuk ikut membangun bangsa lewat kursi legislatif,” kata petinggi salah satu universitas swasta di Denpasar ini.

Untuk itulah diingatkan bahwa pendaftaran bacaleg dari Partai Hanura sudah dibuka sejak 14 Februari lalu hingga 10 Maret 2023. “Caranya mudah, tinggal hubungi Sekretariat Hanura Bali di Jalan Imam Bonjol 241 Denpasar dengan contact person yang tersedia,” urai Mardiki.

Adapun contact person dimaksud antara lain Rara (081936261167), Prawira (087723452340) dan Gusman (082247603083).

  

Komentar