nusabali

Persediaan Darah di PMI Bali Aman

Masyarakat Antusias Ikuti Kegiatan donor Darah di The ONE Legian Hotel

  • www.nusabali.com-persediaan-darah-di-pmi-bali-aman

MANGUPURA, NusaBali
Stok atau persediaan darah di PMI Bali saat ini dalam kondisi aman. Sejauh ini, PMI masih mampu memenuhi permintaan darah dari rumah sakit maupun poliklinik.

Hal itu tak lepas dari antusiasme masyarakat mengikuti kegiatan donor darah yang cukup tinggi. Hal tersebut terungkap dalam kegiatan donor darah yang berlangsung di The ONE Legian Hotel, Kuta, Selasa (14/2). "Antusias masyarakat Bali tinggi untuk donor darah. Istilah sampai ‘rebutan’ untuk donor,” ujar dr Eros Jonatan, salah seorang staf PMI Bali.

Dikatakan persediaan darah di PMI sangat dinamis. Walau demikian dari indikatornya menunjukkan stok mencukupi. "Statusnya 'hijau', itu artinya persediaan aman,” ucap dr Eros Jonatan.

Dikatakan, PMI Bali sendiri mengapresiasi tingginya antusiasme masyarakat dalam setiap kegiatan donor darah. Menurut dia, kegiatan donor darah tidak saja membantu orang lain yang membutuhkan, tapi juga bermanfaat bagi masyarakat atau yang akan menjadi pendonor. "Melalui pemeriksaan kesehatan, orang bisa tahu kondisi kesehatannya. Apalagi, ada jenis- jenis penyakit yang tanpa gejala dan bisa  terdeteksi melalui pemeriksaan sebelum ikut donor," katanya.

Sementara, General Maneger The ONE Legian Sang Putu Eka Pertama, mengatakan kegiatan donor darah merupakan kerja sama antara The ONE Legian dan Hotel Villa Lumbung, dengan Rotary Club Bali (RCB) Denpasar, dan PMI Bali. Dikatakan, dari 130 yang mendaftar sebagai pendonor, 118 lolos pemeriksaan, sehingga langsung bisa sebagai pendonor. “Kami bertima kasih kepada para pendonor yang berpartisipasi menyumbangkan darahnya demi kepentingan kemanusiaan,” ucap Eka Pertama, yang juga advisor Hotel Vila Lumbung.

Dia berharap, kegiatan tersebut bisa menginspirasi yang lain, terutama yang belum pernah sebagai pendonor. “Karena setetes darah bisa menyelamatkan nyawa," ucapnya seraya mengatakan, kegiatan donor darah yang diselenggarakan bertepatan dengan Hari Valentine, rangkaian dari 12th Anniversary The ONE Legian Hotel dan Hotel Vila Lumbung pada Juli mendatang.

President RCB Denpasar Jayanti Eni Arini, mengatakan kegiatan donor darah merupakan program kemanusiaan rutin yang dilakukan Rotary Club. “Antusiasme yang tinggi merupakan salah satu bukti bahwa semua yang hadir memiliki kepedulian kepada sesama, momennya apalagi hari ini di hari cinta kasih (Hari Valentine)," ujar Eni.

Dikatakan, kegiatan ini sekaligus merupakan bagian dari peringatan ke-118 Rotary Club Internasional dan ke-40 RCB Denpasar. Kegiatan donor darah sendiri dimulai pukul 08.30 Wita. Sebanyak 11 dokter dan tim medis dari PMI Bali terlibatan langsung dalam kegiatan ini. *K17

Komentar