nusabali

Tiara Kusuma Kembangkan Profesionalisme Pengusaha Kecantikan

  • www.nusabali.com-tiara-kusuma-kembangkan-profesionalisme-pengusaha-kecantikan

DENPASAR, NusaBali
Ketua Umum Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Bali Ny Tjokorda Istri Putri Haryani Ardhana Sukawati (Ny Cok Ace) menghadiri hari ulang tahun ke-43 Persatuan Ahli Kecantikan dan Pengusaha Salon Indonesia Tiara Kusuma, di Hotel Vasini, Denpasar, Selasa (31/1).

Keberadaan Tiara Kusuma diharapkan menjadikan para pengusaha kecantikan semakin profesional. Ny Cok Ace menyampaikan, Tiara Kusuma adalah jawaban dari lembaga profesionalisme di bidang kecantikan. Semakin besarnya minat masyarakat untuk berbisnis di bidang kecantikan, maka semakin penting juga sebuah wadah yang bisa menjembatani aktivitas bisnis di antara para profesional untuk menjaga kekompakan dan mengantisipasi adanya kesenjangan antarprofesi. Dengan begitu akan tercipta profesionalisme para anggota bisnis kecantikan tersebut.

Ny Cok Ace menambahkan, sebagai lembaga bisnis di bidang kecantikan, Tiara Kusuma memiliki tujuan untuk mempersatukan para ahli kecantikan dan pengusaha salon agar tidak terpecah, bersatu dalam satu wadah untuk meningkatkan kualitas profesionalisme di bidang kecantikan.

“Oleh karena itu, sebagai salah satu organisasi yang  bernaung di BKOW Provinsi Bali, kami sangat berharap agar Tiara Kusuma mampu mengembangkan organisasi kecantikan ini menjadi semakin besar, semakin profesional. Sehingga bisa diminati oleh para generasi muda dengan tetap mengedepankan etika, estetika, dan harmonisasi di antara lembaga lainnya yang sejenis. Tidak saling bersaing yang tidak sehat, tetapi bekerja dengan penuh sinergi dan kolaborasi sehingga semuanya akan semakin maju,” tutur Ny Cok Ace.

Tiara Kusuma juga diharapkan bisa bekerjasama dengan dinas terkait atau bahkan bekerja sama dengan kementerian terkait untuk bisa memberikan pendidikan dan pelatihan bagi murid SMA, SMK yang tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Sehingga nantinya anak-anak tersebut siap menjadi pengusaha muda mandiri yang mampu menyerap tenaga kerja, dan mampu memiliki penghasilan secara mandiri dengan sertifikat kompetensi yang tepat.

Ny Cok Ace mengingatkan kepada para pengusaha salon kecantikan yang ada di Bali agar senantiasa ikut peduli dalam upaya pelestarian tradisi, adat, dan budaya melalui pekerjaan yang mereka tekuni.  

“Agar kearifan lokal Hindu (Bali) tidak punah karena terjangan era modern dan era teknologi,” ujarnya. Acara tersebut juga dihadiri Ketua DPD Tiara Kusuma Bali Ni Ketut Sriati Dana, perwakilan anggota Tiara Kusuma dari kabupaten/kota se-Bali, serta ketua organisasi wanita terkait lainnya. Kegiatan juga diisi dengan lomba rias panggung penari Bali serta seminar. *cr78

Komentar