nusabali

Imlek, Ketapang-Gilimanuk Siapkan Tambahan Kapal

  • www.nusabali.com-imlek-ketapang-gilimanuk-siapkan-tambahan-kapal

NEGARA, NusaBali
Dalam rangka libur Tahun Baru Imlek 2023, arus penumpang lintasan Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk di Selat Bali diperkirakan akan meningkat dibanding hari normal.

Untuk berjaga-jaga ketika terjadi kepadatan penumpang, dipersiapkan pemberlakuan layanan pola padat dengan menambah kapal yang beroperasi maupun percepatan proses bongkar muat penumpang.  

Koordinator Satuan Pelaksana (Korsatpel) Balai Pelaksanaan Transportasi Darat (BPTD) Pelabuhan Gilimanuk I Nyoman Sastrawan, Jumat (20/1), mengatakan, dalam rangka libur Imlek, bisanya tidak ada lonjakan penumpang yang begitu signifikan ke Bali. Meski meningkat dari hari normal, namun peningkatannya tidak sepadat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Namun, Sastrawan mengaku, tetap menyiapkan langkah antisipasi untuk libur Imlek. Terlebih libur Imlek tahun ini tepat jatuh pada hari Minggu (22/1) atau akhir pekan, dan juga ada cuti bersama pada Senin (23/1). "Kalau antisipasi kita sesuaikan kondisi di lapangan. Kalau nanti padat, kita bisa tambah beberapa kapal yang beroperasi," ujarnya.

Menurut Sastrawan, untuk situasi hingga Jumat kemarin, penyeberangan dari Ketapang ataupun Gilimanuk masih tergolong normal. Tidak ada lonjakan penumpang. Untuk kapal yang beroperasi hanya 27 kapal dari 46 kapal yang tersedia di Selat Bali. "Masih biasa (normal). Tetapi kita juga tetap koordinasi dengan Satpel Ketapang. Kalau memang di sana padat, kita pun berlakukan pola padat. Bisa tambah kapal atau cukup dengan mempercepat bongkar muat," ucapnya. *ode

Komentar