nusabali

Vihara Dharmayana Kuta Diprediksi Kedatangan 3.000 Umat, Berikut Jadwal Perayaan Imlek 2023

  • www.nusabali.com-vihara-dharmayana-kuta-diprediksi-kedatangan-3000-umat-berikut-jadwal-perayaan-imlek-2023

MANGUPURA, NusaBali.com –Persembahyangan menyambut Imlek 2574 pada tahun 2023 ini akan berjalan normal, layaknya sebelum pandemi Covid-19. Seperti yang sedang disiapkan oleh Vihara Dharmayana Kuta, Kabupaten Badung.

Tempat ibadah Tridharma yang berada di Jalan Blambangan, Legian, tak lagi memberlakukan pembatasan warga yang ingin beribadah menyambut datangnya Tahun Kelinci mendatang.

 “Kita sangat berterima kasih atas siaran resmi Presiden Jokowi soal pencabutan PPKM, semoga juga pandemi ini bisa berakhir. Bagaimana pun kita tetap mengimbau untuk umat yang ingin melaksanakan ibadah harus tetap menjaga kesehatan, kalau sakit lebih baik diam di rumah dan tidak melakukan persembahyangan di Vihara agar tidak memengaruhi teman-teman yang lain,” ujar Penanggung Jawab Vihara Dharmayana Kuta, Adi Dharmaja, Selasa (17/1/2023) sore. 

Vihara Leng Gwan Bio atau Dharmayana Kuta diyakini merupakan tempat ibadah tertua di Bali yang sudah ada sejak tahun 1950an. Kata Adi, keyakinan umat tentu akan membludak untuk melakukan ibadah persembahyangan menyambut Imlek pada Minggu (22/1/2023) mendatang.

Soal prediksi jumlah umat yang akan datang, Adi memperkirakan akan menyentuh angka 2.000 sampai 3.000 umat.

“Maka dari itu kita juga berantisipasi bagi umat yang melakukan persembahyangan dengan penuh kekhusukan, damai, dan maklum agar mendapatkan berkat kemuliaan dan anugerah yang diinginkan,” paparnya.

Untuk menjaga suasana agar tetap aman, pihaknya pun telah bekerjasama dan berkoordinasi bersama pihak kelurahan, desa, ataupun kepolisian. Serta Adi juga menuturkan pihaknya akan menyediakan pos keamanan di depan vihara untuk memantau serta mengantisipasi situasi dan kondisi hal-hal yang tidak diinginkan.

Menjelang perayaan Imlek 2574, Vihara Dharmayana Kuta telah memulai persiapan sejak Sabtu (14/1/2023) silam yakni pada malam harinya sudah dilakukan persembahyangan untuk mengantar para Shing Bing serta Dewa Dewi ke khayangan untuk menyampaikan permohonan-permohonan umat manusia.

Rangkaian selanjutnya, pada Minggu (15/1/2023) pihaknya melakukan persiapan seperti membersihkan rupang, arca Dewa Dewi, memasang lampion, memasang lilin, dan lain-lainnya. 

Rangkaian ibadah lanjutan, akan diawali pada Sabtu (21/1/2023) tepat pukul 17.00 Wita sampai selesai akan dilakukan Persembahyangan Tutup Tahun Imlek 2574 peralihan dari tahun Macan Air menjadi Kelinci Air. 

Kegiatan ini disebut juga dengan ritual Tolak Bala yakni melakukan persembahyangan di pertigaan dan di perempatan jalan raya dengan prosesi parade Liong dan Barongsai melalui Jalan Blambangan, Kalianget, Raya Kuta, dan kembali ke Vihara Dharmayana Kuta di Jalan Blambangan. 

Selanjutnya pada Minggu (22/1/2022) saat tahun baru Imlek 2023, mulai pukul 00.00 Wita sampai 24.00 Wita dilaksanakan persembahyangan kepada Para Bodhisatva – Mahasatva atau Kongco yang dipuja di Vihara Dharmayana Kuta dan di malam harinya akan dipentaskan berbagai kesenian seperti wushu, liong, dan barongsai di vihara.
“Yang mana persembahyangan tersebut bermakna menetralisir hal-hal yang negatif dan saat itu Vihara Dharmayana Kuta sudah buka pada pukul 00.00 - 24.00 Wita untuk menyambut kedatangan umat, biasanya umat pada malam itu juga sangat membludak,” jelasnya.

Sementara itu pada Minggu (29/1/2023), mulai pukul 18.00 Wita akan dilaksanakan perayaan HUT ke-43 Dharmasala Vihara Dharmayana Kuta, kemudian dilanjutkan dengan persembahyangan Tuhan Yang Maha Esa pada pukul 24.00 Wita sampai selesai. 

Terakhir, pada Minggu (5/2/2022), mulai Pukul 06.00 sampai 24.00 Wita akan dilaksanakan persembahyangan kepada Para Bodhasatva – Mahasatva atau Kongco yang di puja di Vihara Dharmayana Kuta dan selanjutnya diadakan syukuran dengan pementasan Kreativitas Aktivitas Seni dan Olahraga dari komponen di Balai Serbaguna Vihara. 

Sebagai informasi tambahan, Vihara Dharmayana Kuta mengadakan Persembahyangan Xi Shua  (ciswak) atau mengurangi kesialan, sarana persembahyangan sudah disiapkan di Vihara mulai Senin (30/1/2023) sampai Minggu (5/2/2023) mendatang.

Vihara Dharmayana Kuta yang berlokasi tak jauh dengan Pantai Kuta dan kawasan pariwisata, pada saat perayaan Imlek 2023 tentu menjadi momen plus bagi wisatawan asing ataupun lokal yang melipir ke Bali. Sebagai tempat ibadah untuk umum, wisatawan yang ingin melihat perayaan Imlek di Vihara Dharmayana Kuta pun kata Adi dipersilakan.

“Tentu itu sudah pasti karena ini Kuta, namanya destinasi pariwisata yang mana bagi para wisatawan yang ada di sekitar Kuta, kemungkinan mereka akan mampir untuk berkunjung. Saya persilahkan karena ini untuk umum, yang penting kedatangannya jelas untuk kebaikan atau rasa bakti dan hormat,” ujarnya.

Bagi umat atau pengunjung yang memasuki area suci Vihara Leng Gwan Bio atau Dharmayana Kuta diharapkan memenuhi peraturan yang berlaku seperti berpakaian yang rapi dan sopan, bagi perempuan yang sedang menstruasi dilarang memasuki area suci, dan bagi orang-orang yang berada dalam keadaan berkabung dilarang memasuki area suci.

“Sudah ada ketentuan dan ada pengumuman di setiap pintu masuk. Kita juga sudah menyiapkan sarung atau kain. Jadi jika ada pengunjung yang menggunakan pakaian kurang sopan akan diberikan sarung, bagaimana pun kita harus menjaga kesakralan tempat ibadah,” pungkas Adi. *ris

 



Komentar