nusabali

Kasatpol PP Harapkan Desa Adat Siaga APAR

  • www.nusabali.com-kasatpol-pp-harapkan-desa-adat-siaga-apar

SEMARAPURA, NusaBali
Kasatpol PP dan Damkar Klungkung Dewa Putu Suwarbawa mengharapkan setiap desa adat di Kabupaten Klungkung siaga alat pemadam api ringan (APAR).

Tujuannya untuk meminimalisir dampak kebakaran. “Kami sudah pernah bersurat kepada perbekel dan bendesa adat agar menyiapkan tabung APAR di desa dinas maupun desa adat,” ungkap Dewa Suwarbawa, Senin (16/1).

Kelengkapan APAR di pura sangat membantu saat terjadi kebakaran. APAR bisa menjadi alat pemadam pertama untuk mencegah kebakaran meluas sebelum petugas pemadam tiba di lokasi kejadian. “Kami sudah berikan latihan penanganan kebakaran kepada perangkat desa dan membentuk relawan pemadam kebakaran di 17 desa,” ujar Dewa Suwarbawa. Satpol PP dan Damkar Klungkung juga akan memberdayakan anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) di setiap desa.

Dewa Suwarbawa menjelaskan, perangkat desa dan relawan diberi latihan penanganan kebakaran dengan karung basah, pasir, dan lainnya. Satpol PP dan Damkar Klungkung tahun ini rencanakan pengadaan 1 unit armada Damkar. Tambahan satu unit Damkar ini untuk layanan pemadaman kebakaran di Kecamatan Klungkung, Kecamatan Dawan, dan Kecamatan Banjarangkan. *wan

Komentar