nusabali

26 Januari, Puncak Usaba di Pura Dalem Puri Besakih

  • www.nusabali.com-26-januari-puncak-usaba-di-pura-dalem-puri-besakih

AMLAPURA, NusaBali
Krama Desa Adat Besakih akan menggelar Puncak Usaba Dalem Besakih di Pura Dalem Puri Besakih, Banjar Kedundung, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Wraspati Pahing Medangsia, Kamis (26/1).

Ida Bhatara tedun pada Tilem Kapitu, Saniscara Paing Langkir, Sabtu (21/1). "Ida Bhatara katuran Pujawali selama enam hari. Masineb pada Wraspati Pahing Medangsia, sore," jelas I Gusti Mangku Ngurah Kubayan, pamangku di Pura Dalem Puri Besakih, Karangasem, Senin (9/1).

Selama enam hari, pamedek berkesempatan bersembahyang ke Pura Dalem Puri Besakih. Kata Mangku Ngurah Kubayan, mulanya Pujawali di pura ini selama sehari, lanjut tiga hari, dan kali ini selama enam hari. Peningkatan hari ini seiring peningkatan pamedek.

Seperti biasa, katanya, persembahyangan di Pura Dalem Puri Besakih di setiap Usaba Dalem Besakih, utamanya  adalah upacara Nyodaang Sang Pitara, di Tegal Penangsaran, jaba utara dan timur Pura Dalem Puri Besakih. Sodahan ini merupakan persembahan khusus dari para umat kepada Sang Pitara.

Sebelum menggelar upacara Nyodaang Pitara, terlebih dahulu persembahyangan di Pura Prajapati dan Pura Dalem. Tujuannya, memuja Sang Pitara dan mohon Tirtha, dan upacara Nyodaang Pitara. "Intisari persembahyangan umat saat Usaba Dalem Puri Besakih yakni Nyodaang Sang Pitara, dengan ritual khusus," jelasnya.

Selama ini yang turut ngayah di Pura Dalem Puri Besakih, I Gusti Mangku Adnyana dan I Gusti Mangku Istri Ayu Darwati dan pangayah lainnya. "Usai upacara nedunang Ida Bhatara, pada Tilem Kapitu, pamedek mulai bisa menggelar persembahyangan di Pura Prajapati, Pura Dalem maupun Nyodaang Sang Pitara," jelas I Gusti Mangku Istri Ayu Darwati, yang juga tenaga bidan di Puskesmas Rendang.*k16

Komentar