nusabali

Gedung Kesenian Gde Manik Bocor

  • www.nusabali.com-gedung-kesenian-gde-manik-bocor

SINGARAJA, NusaBali - Atap Gedung Kesenian Gde Manik bocor. Bangunan yang merupakan salah satu aset Pemkab Buleleng rembes di bagian utara.

Padahal secara fisik bangunan yang berlokasi di Jalan Udayana, Kelurahan Banjar Tegal , Kecamatan/Kabupaten Buleleng masih tampak baik-baik saja. 

Kondisi itu terpantau saat  acara refleksi akhir tahun Pemkab Buleleng Kamis (29/12). Rembesan air hujan menetes dari sela-sela plafon atap gedung dan membasahi lantai. 

Kepala Dinas Kebudayaan Buleleng I Nyoman Wisandika, Jumat (30/12), mengatakan kebocoran atap baru tepantau saat gedung dipakai.  Wisandika pun mengatakan sebelumnya juga tidak ada laporan kerusakan dari staf yang memelihara gedung. 

"Ya memang kemarin (Kamis) baru kita tahu ada kerusakan saat ada acara. Itu pas hujan deras dan angin kencang. Ini sedang kami cek kerusakannya  di bagian apa, " ucap Wisandika. 

Dia pun menduga kerusakan terjadi pada atap genteng yang bergeser karena dua pekan  terakhir cuaca sedang tidak bersabat. Namun jika dalam pengecekan nanti ada keruskaan krusial dan besar maka akan disiapkan anggaran perbaikan tahun depan. 

Sementara itu Gedung Kesenian Gde Manik salah satu tempat pertunjukkan seni dan acara seremonial lainnya memang sudah lama tidak direnovasi. Terakhir perbaikan gedung dilaksanakan pada tahun 2015 silam oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Buleleng. Saat itu perbaikan gedung dilaksanakan bertahap, mulai dari perbaikan plafon,  tribun penonton hingga petaan laiinya. 7k23

Komentar