nusabali

Kabaddi Geber Tes Proyeksi Pra PON

  • www.nusabali.com-kabaddi-geber-tes-proyeksi-pra-pon

DENPASAR, NusaBali - Kabaddi Bali menggeber tes awal seleksi atlet Pra PON 2023, di GOR Lila Bhuana, Denpasar, Kamis (29/12). Tes tersebut melibatkan atlet yang terpantau dalam Porprov Bali XV/2022. 

Ketua Harian Kabaddi Bali Maryoto Subekti menjelaskan atlet kabaddi Bali wajib berprestasi dalam PON nanti karena Bali jadi barometer kabaddi di Indonesia. 

"Anak-anak harus latihan keras dan lebih maksimal dalam rangka persiapan Pra PON," kata Maryoto Subekti, yang juga Waketum KONI Bali.
 
Menurut Maryoto Subekti, tes awal ini jadi parameter bagi pelatih untuk menyusun program latihan berikutnya. Tahapan awal tes meliputi persentasi lemak tubuh menggunakan alat Omron Body Fat Monitor melibatkan dosen olahraga Universitas Mahadewa, Ngurah Adi Santika.

"Hasil tes ini bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah sebagai dasar pelatih merancang menu latihan berikutnya," tegas  Ngurah Adi Santika. 

Setelah pengukuran lemak tubuh, puluhan atlet kabaddi dijejali tes fisik meliputi push up, sit up, dan jumping. Mereka dipandu pelatih Rizky Hadinata dan Rega Padmawan. 

"Kabaddi adalah olahraga tradisional yang dominan memanfaatkan kekuatan otot. Tes fisik ini sangat bagus untuk mengukur otot pemain," kata Rega Padmawan. 

Setelah tes awal ini, anak-anak akan digenjot dengan menu teknik permainan, strategi, dan kekompakan. 

Sementara itu Ketua Harian Kabaddi Badung, I Kadek Sudharma Hariawan mengapresiasi tes lebih awal untuk persiapan Pra PON. 

"Sangat bagus karena lebih awal tahu kondisi pemain sehingga bisa mengatur dan menyesuaikan pola latihan," kata mantan Humas Pengprov PBVSI Bali itu. dek

Komentar