nusabali

22.000 KK Tunggu Bantuan STB

  • www.nusabali.com-22000-kk-tunggu-bantuan-stb

SINGARAJA, NusaBali - Kabupaten Buleleng masih menunggu bantuan set top box (STB) dari Pemerintah Pusat. Alat untuk dapat menonton siaran TV digital ini dinantikan sedikitnya oleh 22.000 keluarga masyarakat kurang mampu di Buleleng sebagaimana diusulkan untuk menerima bantuan STB oleh Pemerintah Daerah.

STB ini adalah alat untuk mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV analog biasa. Jadi dengan pengalihan TV analog ke digital masyarakat tak perlu khawatir masih bisa menonton TV dengan kualitas gambar lebih bagus.

Kebijakan terbaru ini pun menjadi tantangan untuk masyarakat Buleleng. Kendati saat ini sudah banyak masyarakat yang menggunakan TV digital, tak sedikit yang masih menggunakan TV analog. Untuk itu, Pemerintah Daerah telah mengusulkan bantuan alat STB agar masyarakat masuh bisa mengakses jaringan TV digital dengan TV analog.

Kepala Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng Ketut Suwarmawan mengatakan, terkait bantuan STB ini pihaknya masih menunggu informasi dari Pemerintah Pusat. Kata dia, Pemerintah Kabupaten Buleleng telah mengajukan 22.000  keluarga penerima manfaat bantuan STB. "Kami masih menunggu petunjuk lebih lanjut," ujarnya, Jumat (16/12).

Adapun calon penerima yang diusulkan dengan kriteria data validasi benar dalam kategori miskin, keluarga masih mengunakan TV analog, dan bersedia menerima bantuan tersebut, serta lokasi penerima menjangkau siaran.

Suwarman menyebutkan, melalui program pengalihan siaran analog ke siaran TV digital ini, masyarakat dapat menonton siaran tanpa harus dilacak. "Jadi ini keunggulan siaran TV digital. Mudah-mudahan bisa segera didistribusikan bantuannya. Sehingga masyarakat miskin di Buleleng bisa menikmati siaran digital," kata dia. *mz

Komentar