nusabali

4 OPD Berkantor di Pasar Loka Crana

  • www.nusabali.com-4-opd-berkantor-di-pasar-loka-crana

BANGLI, NusaBali
Empat organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Bangli akan berkantor di lantai II Terminal Loka Crana, Bangli.

Lantai  II ini bagian dari Pasar Loka Crana, Bangli, telah rampung ditata sehingga awal tahun 2023 difungsikan sebagai kantor. Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta  mengatakan lantai II Terminal Loka Crana sebelumnya dijadikan pasar yang menyediakan kain dan aksesoris. Kemudian dilakukan penataan untuk dimanfaatkan sebagai bangunan kantor. "Penataan hampir rampung. Kami sudah sempat turun ke lokasi," ungkapnya, Senin (12/12).

Sesuai perencanaan, nantinya bangunan lantai  II  akan difungsikan untuk perkantoran dari empat OPD  yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Badan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BKPAD) dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) serta Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida). “Awal tahun 2023, empat  OPD sudah ngantor di sana, ini dilakukan guna permudah layanan pada masyarakat," kata Bupati Sedana Arta.

Bupati asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Bangli ini menyebutkan pada tahun 2023 di lahan eks RSU Bangli juga bakal dibanguan Mall Layanan Publik (MLP). Pembangunan ini dengan anggaran sekitar Rp 10 miliar, dari dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Provinsi Bali. Mall Layanan Publik nanti ditempati Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan beberapa instansi yang  bersentuhan langsung dalam  layanan masyarakat.

Terpisah, Kepala Disperindag Bangli I Wayan Gunawan mengatakan  untuk kantor akan Disperindag akan pindah ke lantai II Terminal Loka Crana. Hanya saja untuk waktu pindahnya, pihaknya masih menunggu petunjuk bapak bupati. “Kapan untuk pindahnya kami masih menunggu intruksi dari bapak bupati, jika dilihat lokasi yang baru cukup refresentatif,” sebutnya.

Jelas dia, saat ini masih ada sejumlah pedagang kain masih ada yang berjualan di Loka Crana. Menurut Wayan Gunawan jika awal tahun seluruh pedagang yang menempati kios di lantai II Loka Crana sudah dipindahkan ke pasar Kidul. "Untuk pemindahan pedagang sedang kami rancang, kedepanya seluruh pedagang kain dan asesioris ditampung di pasar Kidul. Kami sudah melakukan penataan di Pasar Kidul sehingga seluruh pedagang dapat tertampung," imbuhnya.*esa

Komentar