nusabali

Klungkung Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM 7 Kali Berturut-turut

  • www.nusabali.com-klungkung-raih-penghargaan-kabupaten-peduli-ham-7-kali-berturut-turut

SEMARAPURA, NusaBali
Pemkab Klungkung meraih piagam penghargaan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) Tahun 2021 dari Kementerian Hukum dan HAM di Golden Ballroom, Hotel Sultan Jakarta, Senin (12/12).

Piagam diterima langsung Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dari Plt Dirjen HAM Dr Mualimin Abdi. Penghargaan ini dalam rangka memperingati Hari HAM se-dunia ke-74 Tahun dengan tema ‘Pemajuan Hak Asasi Manusia untuk Setiap Orang: Advancing Human Rights for Everyone’.

Bupati Suwirta mengatakan, Klungkung berhasil meraih piagam ini secara berturut turut sejak tahun 2014 kecuali tahun 2020 karena tidak diselenggarakan akibat pandemi Covid-19. Pada tahun 2019 total nilai yang diraih 84,39, sedangkan untuk tahun 2021 meningkat nilainya menjadi 97,35.

Penghargaan menjadi istimewa karena diraih 7 kali berturut turut. "Ini merupakan hasil kerja keras, kerja tuntas, dan kerja ikhlas semua pihak, seperti jajaran OPD (organisasi perangkat daerah) dan tentu saja dukungan warga Klungkung,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan, program, dan kegiatan yang berkaitan dengan pemenuhan HAM. Antara lain, bidang kesehatan dengan BPJS yang didanai Pemkab Klungkung dan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di RSUD maupun Puskesmas. Bidang pendidikan melalui program 1 desa 1 TK negeri dan beasiswa untuk KK miskin, dan membantu disabilitas. Bidang kependudukan berbagai inovasi kependudukan. Penghargaan ini pengakuan dari pemerintah pusat atas keseriusan dalam pemenuhan hak masyarakat Klungkung. *wan

Komentar