nusabali

Mendukung Kebijakan P2DD, Bank BPD Bali Raih Predikat BPD Terbaik

  • www.nusabali.com-mendukung-kebijakan-p2dd-bank-bpd-bali-raih-predikat-bpd-terbaik

JAKARTA,NusaBali
Kolaborasi antara Bank BPD Bali dengan Bank Indonesia (BI) wilayah Bali dalam percepatan dan perluasan digitalisasi daerah mengantarkan Bank BPD Bali diganjar penghargaan sebagai BPD Terbaik dalam mendukung Kebijakan Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD).

Penghargaan diberikan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) P2DD yang dirangkaikan dengan Championships TP2DD tahun 2022. Kegiatan tersebut diadakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia di Hotel Le Méridien Jakarta (6/12).

Bank BPD Bali berhasil mengungguli Bank DKI dan Bank DIJ yang juga masuk dalam nominasi  untuk Kategori BPD Pendukung Kebijakan P2DD.

Trofi diserahkan oleh Dr. Drs. A. Fatoni, M.Si selaku Direktur Jendral Bina Keuangan Daerah, Kementrian Dalam Negeri kepada Direktur Operasional Bank BPD Bali Ida Bagus Gede Setia Yasa,S.Kom.,MM.

Beberapa aspek yang dinilai dalam Championship TP2DD tahun 2022 ini, meliputi: penyediaan dan pemanfaatan layanan digital, kesiapan sistem, kapasitas layanan, upaya peningkatan layanan, sosialisasi dan edukasi, pertumbuhan transaksi non tunai melalui Bank pengelola RKUD (Rekening Kas Umum Daerah), serta perlindungan konsumen.

Bank BPD Bali telah mempersiapkan platform sistem pembayaran penerimaan bagi Pemerintah Daerah (Pemrov, Kabupaten/kota) mulai dari transaksi penerimaan Pajak Daerah sampai Retribusi Daerah melalui kanal pembayaran Bank BPD Bali, seperti mobile banking, internet banking, ATM, Virtual Account, QRIS Dinamis, UE (Uang Elektronik), EDC dan Agen Bank sehingga memudahkan bagi seluruh masyarakat karena dapat diakses dimana dan kapan saja.

Solusi unggulan lainnya adalah implementasi E-retribusi tiket pariwisata berbasis online yang dapat dilakukan oleh pengunjung/wisatawan domestik/luar negeri yang datang ke Bali. Upaya tersebut diharapkan mampu meningkatkan penatausahaan hulu-hilir dan mempermudah akses data, real-time dan satu pintu bagi pengelola destinasi wisata rekreasi di Bali, terlebih Bali merupakan salah satu tujuan wisata favorit yang gaungnya sudah melekat di kancah internasional.

Dengan berbagai program unggulan lainnya yang dikombinasikan dengan digitalisasi diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat khususnya pemerintah daerah serta daya saing Bank BPD Bali terkait pelayanan yang bersifat non tunai.

Disisi lain, tujuan dari dibentuknya TP2DD juga dapat tercapai yakni salah satunya mampu mendorong peningkatan pendapatan asli daerah melalui elektronifikasi transaksi pemerintah (ETP) dan penguatan ekosistem digital Bank BPD Bali. *

Komentar