nusabali

Kabupaten Gianyar Zero Kasus Polio

  • www.nusabali.com-kabupaten-gianyar-zero-kasus-polio

GIANYAR, NusaBali
Plt Kadis Kesehatan Kabupaten Gianyar Ni Nyoman Ariyuni memastikan Kabupaten Gianyar nihil kasus polio.

Vaksinasi telah dilaksanakan dengan capaian terukur. Meskipun kasus polio sedang mencuat di wilayah Indonesia, Kabupaten Gianyar saat ini masih aman.

Ariyuni menegaskan, setiap anak yang baru lahir mendapatkan kartu kesehatan sehingga bisa mengetahui jenis vaksin yang sudah didapatkan. “Sampai saat ini tidak ada penolakan, justru mereka antusias,” jelas istri Camat Blahbatuh ini. Pada Tahun 2022, balita yang sudah vaksinasi polio sebanyak 7.128 orang atau sebanyak 67% dari bayi yang ada di Gianyar.

Sebanyak 3.510 bayi belum vaksin polio karena belum cukup umur atau belum mencapai usia 4 tahun. Setiap balita wajib menjalani vaksinasi polio sebanyak empat kali ditambah vaksin jenis lain. Dalam vaksinasi, seluruh balita yang sudah vaksin sudah diambil darahnya dan masuk uji laboratorium dan hasilnya negatif polio. Sejak lahir sampai umur 18 tahun setiap anak wajib mengikuti 15 jenis imunisasi.

Sebanyak 15 jenis vaksinasi yang ada di antaranya hepatitis, polio, BCG, difteri, tetanus, dan vaksin lainnya. “Secara umum tingkat vaksinasi dari tahun ke tahun berjalan 100%,” ujar Ariyuni. Di samping itu, setiap ibu yang memiliki balita, diingatkan untuk vaksinasi saat mengikuti kegiatan Posyandu di lingkungannya masing-masing. *nvi

Komentar