nusabali

Sebelum Dikirab, Api Disulut di Pura Tegal Suci Pegenian Besakih

Kirab Api Suci Porprov Bali XV Lintasi Seluruh Kabupaten/Kota se-Bali

  • www.nusabali.com-sebelum-dikirab-api-disulut-di-pura-tegal-suci-pegenian-besakih

Api Porprov disemayamkan semalam di Jayasabha Denpasar dan keesokan harinya, yakni Minggu (20/11) sore akan dilakukan pembukaan Porprov Bali XV/2022.

AMLAPURA NusaBali
Kirab api Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Porprov Bali XV tahun 2022 dimulai dengan start dari Mandapa Kesari Warmadewa, Balai Sasana Budaya di areal Pura Besakih, Karangasem, Jumat (18/11) pagi. Api Porprov sendiri diambil dari Pura Tegal Suci Pegenian di Dusun Angsoka, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem.

Perjalanan api Porprov dari Karangsem menuju Klungkung, Gianyar, Bangli, dan bermalam di Kabupaten Buleleng. Rencananya, Sabtu (19/11) hari ini perjalanan berlanjut menuju Jembrana, Tabanan, Badung, dan Denpasar. Prosesi pelepasan api Porprov diawali dengan penyerahan api suci Porprov oleh Ketua Panitia Pelaksana Porprov Bali I Gusti Ngurah Oka Darmawan kepada Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra untuk diserahkan kepada Sekda Kabupaten Karangasem Ketut Sedana Merta.

Sekda Karangasem kemudian menyerahkan api tersebut kepada Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Bali untuk melanjutkan perjalanan kirab keliling Bali. "Saya mewakili Gubernur Bali Bapak Wayan Koster dengan resmi melepas kirab api suci Porprov Bali XV/2022, mudah-mudahan prosesi kirab api ini berjalan dengan lancar dan sukses," harap Sekda Dewa Indra.

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih atas kerja sama semua stakeholder, pemerintah daerah, pengurus cabang olahraga, serta seluruh masyarakat yang bekerja keras untuk menyukseskan Porprov Bali XV tahun 2022.

"Ketidakhadiran beliau (Gubernur Koster) pada pagi hari ini tidak mengurangi rasa hormat beliau terhadap acara ini, karena nanti, saat membuka Porprov Pak Gubernur yang melakukannya secara langsung. Untuk itu saya menyampaikan permohonan maaf beliau," tegas Dewa Made Indra. Sementara itu Ketum KONI Bali, I Gusti Ngurah Oka Darmawan menyampaikan bahwa beberapa tahapan Porprov Bali sudah berjalan dengan baik.

"Hari ini (kemarin) mengarak api suci Porprov keliling Bali, api itu adalah energi," tegas Oka Darmawan. Menurutnya, rute kirab ini akan ditempuh selama dua hari dengan melintasi sembilan Kabupaten/Kota. Mulai dari Karangasem, Klungkung, Gianyar, Bangli, dan bermalam di Buleleng. Keesokan paginya pada Sabtu (19/11) perjalanan berlanjut menuju Jembrana, Tabanan, Badung, dan Denpasar.

"Api Porprov akan disemayamkan semalam di Jayasabha Denpasar dan besoknya pada Minggu (20/11) sore akan dilakukan pembukaan Porprov Bali XV/2022 di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala Denpasar," kata Oka Darmawan.

Di Buleleng Api Porprov Bali disemayamkan di Kantor Bupati Buleleng selama satu malam. Rombongan pengarak api Porprov tiba di Lobby Kantor Bupati Buleleng Jumat sore pukul 18.30 Wita. Sebelum sampai di Buleleng Kirab Api Porprov diarak melintasi Kabupaten Bangli. Api diserahterimakan kepada pasukan pembawa api Porprov Bali XV Kontingen Buleleng yang berjumlah 15 orang di perbatasan Kabupaten Buleleng dengan Bangli.

Sekda Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa mengapresiasi dan memberikan semangat kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Porprov Bali XV. Terkhusus kepada atlet yang sudah maupun yang akan bertanding diberikan semangat untuk tetap semangat dalam berkompetisi. “Kepada seluruh atlet agar tetap menjunjung tinggi sportivitas dan semangat berkompetisi pada ajang olahraga paling bergengsi di Provinsi Bali ini,” pesannya.

Sementara prosesi penyulutan api di Pura Tegal Suci Pagenian, Besakih, Karangasem dilakukan, Jumat pagi kemarin. Prosesi dipimpin Ida Shri Bhagawan Putra Natha Nawa Wangsa Pemayun. Prosesi penyulutan itu dilakukan Ida Bhagawan ke obor yang dibawa Ketua Panitia Pelaksana Porprov Bali yang juga Ketua KONI Bali I Gusti Ngurah Oka Darmawan, didampingi Sekum Nyoman Yamadhiputra. Setelah api disulut, kemudian digelar persembahyangan bersama. Api Suci Porprov kemudian diserahkan ke Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Bali untuk selanjutnya menuju Mandapa Kesari Warmadewa, Balai Sasana Budaya di areal Pura Besakih, mengikuti prosesi pelepasan Kirab Api Suci Porprov keliling Bali. *dek, k23

Komentar