nusabali

Pameran Ketenagakerjaan Meriahkan HUT Kota Tabanan

  • www.nusabali.com-pameran-ketenagakerjaan-meriahkan-hut-kota-tabanan

TABANAN, NusaBali
Perayaan HUT ke–529 Kota Tabanan dimeriahkan Pameran Ketenagakerjaan, diikuti 10 lembaga pelatihan kerja (LPK) swasta.

Pameran digelar di Gedung Kesenian I Ketut Maria, berlangsung mulai Rabu (16/11) hingga Jumat (25/11). Dalam pameran ini sejumlah informasi berkaitan dengan pelatihan keterampilan dibuka. Bahkan ada pula informasi lowongan pekerjaan langsung dengan penempatan kerja.

Kabid Pelatihan Kerja dan Produktivitas Disnaker Tabanan Ni Putu Ayu Lily Ambariasih, mengatakan pameran ini dibuat berdasarkan animo masyarakat di tahun 2021. Tahun itu sebanyak 826 orang lulus di LPK Tabanan. Dan dari jumlah itu, 554 tenaga kerja (naker) sudah kantongi sertifikat.

Kata dia dari 10 LPK di Tabanan yang diajak bekerjasama tersebut banyak yang menyediakan pelatihan pekerjaan di bidang pariwisata seperti spa, kapal pesiar, pelatihan bahasa asing, magang hingga latihan berwirausaha. “Kami awalnya ajak 20 LPK kerjasama, namun hanya 10 LPK yang hadir sisanya karena masih fokus pelaksanaan ujian peserta,” tegas Lily.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Tabanan I Nyoman Putra mengatakan dengan adanya pameran ini diharapkan masyarakat mengetahui informasi bahwa di Tabanan ada LPK swasta yang bisa membantu mengarahkan keterampilan sesuai yang diinginkan. “Karena yang disediakan di bidang pariwisata, jadi masyarakat yang lulusan SMA/SMK kalau ingin melatih skill di bidang pariwisata silakan mendaftar,” ucap Putra.

Menurut Putra, Dinas Ketenagakerjaan Tabanan juga akan membuka informasi pelatihan lewat BLK (Balai Latihan Kerja) yang dimiliki. Pelatihan yang disediakan akan dibuka mulai Kamis (17/11) hari ini. *des

Komentar