nusabali

HUT Hari Guru Diawali Seminar PTK

  • www.nusabali.com-hut-hari-guru-diawali-seminar-ptk

AMLAPURA, NusaBali
PGRI Karangasem menyongsong Hari Guru dan HUT ke-77 PGRI tahun 2022, diawali kegiatan seminar dengan materi Tata Cara Susun Karya Tulis Ilmiah dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Tujuan kegiatan ini agar guru lebih profesional menyusun karya tulis ilmiah sehingga kualitas pendidikan meningkat. Ketua PGRI Karangasem I Gusti Ngurah Kartika, menekankan hal itu dalam acara seminar PTK untuk tenaga pengawas dan guru di SMK Toya Anyar, Banjar Tunas Sari, Desa Tianyar, Kecamatan Kubu, Karangasem, Jumat (4/11).

Mantan Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem ini menegaskan, PTK merupakan pekerjaan rutin dilaksanakan setiap guru untuk perbaikan kualitas pembelajaran, mendokumentasikan hasil pembelajaran, sebagai bahan evaluasi, dan untuk kelengkapan angka kredit.

“Saya ingatkan agar kontributor lebih cermat dalam memeriksa karya tulis, verifikasi karya tulis bukan saja dilakukan sebelum seminar, juga dilakukan setelah seminar,” jelas pejabat dari Banjar Tabola, Desa/Kecamatan Sidemen ini.

Jelas dia, PTK disusun setiap guru setelah berakhir masa pembelajaran di setiap akhir semester. Tujuannya, meningkatkan mutu poses dan hasil pembelajaran, meningkatkan profesionalisme dan menumbuhkan budaya akademik. Secara teknis, tata cara penulisan telah ditentukan secara baku, mulai dari pendahuluan, penyusunan masalah dan latar belakang masalah, ada rumusan masalah, ada tujuan penelitian, di samping dituangkan pula ruang lingkup penelitian, dan terakhir manfaat penelitian, serta kesimpulan.

“Saya hanya mengingatkan kembali agar dalam menyusun PTK lebih cermat, lebih akurat, dan susunan bahasanya yang baik dan benar sesuai ejaan,” tambah Staf Ahli Bupati Karangasem yang mantan pengawas SMP Disdikpora Karangasem ini.

Pengurus PGRI Kecamatan Kubu I Nengah Sari juga membenarkan, pentingnya mengingatkan tata cara menyusun  PTK yang baik dan benar agar hasil karyanya berkualitas. Walau guru telah terbiasa menyusun PTK, tetap pula diingatkan.

“Buktinya setiap menggelar seminar PTK, banyak memunculkan catatan yang perlu dilakukan perbaikan,” jelas mantan KUPT Disdikpora Kecamatan Kubu ini.

Sebelum puncak Hari Guru dan HUT PGRI ke-77 yang puncaknya 25 November, katanya, juga diselingi kegiatan, lomba guru mengajar 2022, 14-15 November, kegiatan PGRI berbagi bantuan untuk korban bencana alam, 15 November, jalan santai 16 November. Selain itu, akan dilaksanakan acara tali kasih untuk tenaga guru yang telah memasuki purnatugas per 31 Desember 2022. *k16

Komentar