nusabali

Desa Wisata Undisan Terima ADWI 2022, Bupati Sebut Kebangkitan Pariwisata di Bangli

  • www.nusabali.com-desa-wisata-undisan-terima-adwi-2022-bupati-sebut-kebangkitan-pariwisata-di-bangli

BANGLI, NusaBali
Desa Wisata Undisan, Kecamatan Tembuku, Bangli, meraih Juara 3 Kategori Desa Wisata Maju, dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Anugerah yang diterima Desa Wisata Undisan sebagai tanda kebangkitan pariwisata Bangli secara umum dan khusus di Desa Undisan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta saat menerima Pengelola Desa Wisata Undisan, I Kadek Darmayasa Karang dan desa adat Undisan di RJ Bupati Bangli, Selasa (1/11). Pada kesempatan tersebut, pengelola Desa Wisata Undisan menyerahkan piala ADWI kepada Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta.

Bupati Sedana Arta mengatakan potensi pariwisata tersebar di seluruh kecamatan di Bangli. Memang, ikon terbesar sebagai destinasi pariwisata adalah Kintamani. Namun kini pariwisata lainnya mulai menggeliat. "Hari ini, Desa Wisata Undisan muncul, kami yakin Undisan semakin berkembang," ungkapnya.

Terlebih lagi banyak SDM pariwisata yang berasal dari Desa Undisan. Travel agen banyak dari Desa Undisan. "Kini mereka pulang kampung untuk membangun Desa Undisan," ujar politisi PDIP ini.

Lebih lanjut, desa adat maupun desa dinas berkolaborasi dengan pemerintah daerah serta berkomitmen untuk pengembangan dan pembangunan sektor pariwisata. Dalam hal ini pemerintah daerah sebagian leading sector.

Diakui, dalam waktu dekat pihaknya akan menurunkan tim untuk memotret lebih detail potensi yang bisa dikembangkan. "Di Undisan banyak potensi seperti air terjun, tempat malukat hingga ATV," sebutnya.

Tidak hanya Desa Wisata Penglipuran jadi pariwisata kelas dunia, juga desa wisata lainnya. Kata Bupati Sedana Arta,  sudah ada perencanaan untuk pengembangan sejumlah desa wisata tahun 2023. Hanya saja ini masih ada kendala penyamaan persepsi. "Dengan kehadiran pemerintah akan jauh lebih dahsyat dari sisi perencanaan, pengembangan dan promosi," sebutnya.

Ditambahkan, untuk peningkatan SDM kepariwisataan pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1 miliar. Anggaran tersebut untuk kegiatan pelatihan. "Guna peningkatan SDM kami anggarkan lebih pada tahun 2023," tegas Bupati asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut ini.

Pengelola Desa Wisata Undisan I Kadek Darmayasa Karang menyampaikan pencapaian Desa Wisata Undisan tidak lepas dari dukungan seluruh pihak. Pada ADWI 2022 ada tujuh katagori yang dinilai. Desa Undisan sudah memenuhi kriteria seluruhnya sehingga Desa Undisan meraih juara 3 katagori Desa Wisata Maju.

Dengan pencapaian ini, pihaknya akan terus melakukan terobosan. Tidak hanya mendapat nama ADWI tetapi Desa Wisata Undisan melakukan inovasi. "Mudah-mudahan Desa Wisata Undisan bisa lebih maju dan bisa dikenal wisatawan domestik dan mancanegara," ungkap Darmayasa Karang. Diakui, sejak masuk 50 besar ADWI, kunjungan ke Desa Wisata Undisan meningkat, mulai dari kegiatan observasi maupun lainnya. Pihaknya menargetkan tahun depan Desa Undisan bisa meningkatkan prestasinya. *esa

Komentar