nusabali

Basket Piala Indonesia Akan Diikuti 15 Klub IBL

  • www.nusabali.com-basket-piala-indonesia-akan-diikuti-15-klub-ibl

JAKARTA, NusaBali
Lima belas klub Liga Bola Basket Indonesia (IBL) siap berkompetisi dalam turnamen bola basket Piala Indonesia, di Sritex Arena Solo, pada 4-13 November.

Turnamen tersebut akan menjadi ajang pembuktian para pemain lokal. "Indonesia Cup itu sebuah turnamen ada yang sebut pre-season, selain main season yang lebih panjang. Kita terus berupaya turnamen bertambah agar off season tidak terlalu lama," ujar Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah, dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (26/10).

Menurut Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Indonesia (Sekjen PP Perbasi) Nirmala Dewi turnamen Piala Indonesia selaras dengan program federasi untuk memasyarakatkan bola basket.

"Kita masuk dalam kategori olahraga industri, bersama sepak bola dan voli indoor. Untuk mendorong industrinya ada kegiatan pendukung ke sekolah, dan turnamen seperti ini. Mudah-mudahan nanti dari kompetisi ini bisa menghasilkan juara-juara," kata Nirmala. Menjelang pertandingan mulai pekan depan, sejumlah pemain membagikan kesiapannya. Pebasket Dewa United Surabaya Jamarr Andre Johnson, yang berkewarganegaraan Indonesia mengatakan bahwa dirinya bersama tim telah berusaha ekstra keras untuk persiapan diri menuju Piala Indonesia. Pebasket asal Amerika Serikat, itu mengatakan saling memahami antar para pemain menjadi kunci untuk memperkuat tim.

Sementara itu, saat ditanya soal draft pemain RANS PIK Basketball yang berubah, salah satu penggawa klub tersebut, Oki Wira Sanjaya, mengatakan tidak terpengaruh dengan hal itu.

Perombakan pemain juga tidak menjadi soal bagi Avan Saputra, shooting guard Satria Muda Pertamina Jakarta. Beberapa pemain, salah satunya Ali Bagir Alhadar, sedang training camp (TC) di Amerika Serikat untuk persiapan tim nasional menghadapi SEA Games Kamboja 2023.

Meski begitu, Avan tetap optimistis rekan-rekannya dapat bergabung untuk menjuarai Piala Indonesia, mengulang kemenangan pada IBL 2022.

Piala Indonesia digelar dengan kapasitas penuh 100 persen penonton dengan tiket prapenjualan dibuka pada 27-31 Oktober 2022. Setelah itu, tiket dijual dengan harga nomal dimulai pada 1 November 2022. *ant

Komentar