nusabali

Perbaikan Bencana di Tabanan Dianggarkan Rp 7 M di Perubahan 2022

  • www.nusabali.com-perbaikan-bencana-di-tabanan-dianggarkan-rp-7-m-di-perubahan-2022
  • www.nusabali.com-perbaikan-bencana-di-tabanan-dianggarkan-rp-7-m-di-perubahan-2022

TABANAN, NusaBali
Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya meninjau lokasi bencana alam pada Selasa (18/10).

Bencana yang memporak-porandakan infrastruktur dan rumah warga ini diprediksi mengakibatkan kerugian materi sangat besar. Karenanya, untuk penanganan perbaikan disiapkan sebesar Rp 7 miliar di anggaran perubahan tahun 2022, serta dialokasikan anggaran Rp 8 miliar di 2023.

Bupati Sanjaya menegaskan, perbaikan untuk kebencanaan sudah diprioritaskan. Nantinya di anggaran perubahan 2022 akan dialokasikan dana sebesar Rp 7 miliar serta di anggaran induk 2023 sebesar Rp 8 miliar. “Kita sudah siapkan bisa digunakan sampai Desember ini. Dan tahun depan kita anggarkan Rp 8 miliar,” ujarnya ketika di konfirmasi, Selasa (18/10).

Menurutnya anggaran yang disiapkan ini seluruhnya bersumber dari APBD Tabanan. Namun karena titik bencana banyak, pihaknya pun berjuang mencari tambahan bantuan ke Balai Wilayah Sungai Bali Penida dan ke Gubernur Bali. “Nanti kita juga akan mohon bantuan ke Pak Gubernur Bali dan ke Balai Pengairan Provinsi, serta CSR yang ada juga kita upayakan,” tandas Bupati Sanjaya.  

Sementara mengenai pendataan bencana masih akan dilakukan dalam waktu 5 hari ke depan. Pihaknya pun masih melaksanakan pendataan titik-titik yang rawan bencana dan melakukan prioritas penanganan pada perbaikan infrastruktur yang terdampak bencana, seperti jembatan putus, tanah longsor yang menutupi jalan, maupun jalan yang putus ataupun longsor, pohon tumbang, dan lainnya. Dipastikan semuanya ditangani dengan sebaik-baiknya.

Di samping itu, Bupati Sanjaya juga menyampaikan permakluman serta permintaan maaf kepada seluruh masyarakat, terkait kekurangan alat, seperti senso, alat berat, dan lainnya. “Di Kabupaten Tabanan ada ratusan titik yang mengalami bencana seperti ini. Jadi kami urai, kami juga minta bantuan ke provinsi sehingga Bapak Gubernur juga memperhatikan,” imbuh Bupati Sanjaya.

Dalam kunjungannya tersebut, Bupati Sanjaya memberikan imbauan kepada seluruh masyarakat agar tetap bersatu baik suka maupun duka. Pemerintah juga dikatakan telah menyiapkan dana bantuan agar bencana ini tertangani dengan cepat serta terselesaikan dengan baik. “Mari kita tetap semangat. Ini sudah merupakan siklus dari alam, ujian untuk kita, tetapi jangan kita pernah menyerah terhadap keadaan,” tegas Bupati Sanjaya. *des

Komentar