nusabali

BPBD Gianyar Imbau Warga Waspada Bencana Alam

  • www.nusabali.com-bpbd-gianyar-imbau-warga-waspada-bencana-alam

GIANYAR, NusaBali
Potensi bencana alam dampak cuaca ekstrem di wilayah Gianyar masih tinggi. BPBD Gianyar mengimbau warga tetap waspada bencana alam, terutama pohon tumbang.

Perkiraan cuaca dari BMKG, hujan masih akan terjadi hingga minggu depan. Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Gianyar, I Gusti Ngurah Dibya Prasesta, mengatakan potensi bencana hidrologi juga kemungkinan terjadi. “Baru mulai musim hujan dari beberapa hari, kami sudah mendapat belasan laporan pohon tumbang dan longsor,” ujar Gusti Ngurah Dibia, Rabu (12/10). Warga diimbau memangkas pohon tua yang berpotensi tumbang. Membersihkan selokan yang tersumbat dan tidak berteduh di bawah pohon saat hujan. Memasuki musim hujan, BPBD Gianyar telah siaga menyiapakan peralatan untuk evakuasi jika ada bencana.

Menurut Gusti Ngurah Dibia, kasus tanah longsor paling sering terjadi di Gianyar utara. BPBD Gianuyar siagakan ekskavator, chainsaw, dan berkoordinasi dengan Pemadam Kebakaran jika perlu menyemprot lumpur. Terkait pemangkasan potensi pohon tumbang, masyarakat bisa melapor ke kelian dinas agar diteruskan ke BPBD Gianyar. “Kami siap melakukan pemangkasan agar terhindar dari pohon tumbang,” jelas Gusti Ngurah Dibia. *nvi

Komentar