nusabali

Longsor Tutup Akses Jalan ke Pura Dalem Sunantaya

  • www.nusabali.com-longsor-tutup-akses-jalan-ke-pura-dalem-sunantaya

TABANAN, NusaBali
Akses jalan ke Pura Dalem Desa Adat Sunantaya Desa/Kecamatan Penebel, Tabanan tertutup longsor. Longsor terjadi Sabtu (8/10) saat hujan deras.

Material yang longsor ini adalah lahan milik warga setempat yang jatuh ke akses jalan tersebut. Kapolsek Penebel AKP I Wayan Artadana menjelaskan, laporan longsor baru diterima Minggu (9/10) pagi. Kemudian langsung diturunkan tim melakukan evakuasi ke lokasi. "Bersama warga, kami evakuasi material longsor," jelasnya.

Material yang menutup jalan menuju ke Pura Dalem cukup tinggi. Akses ini diketahui sebagai jalan berundag, sehingga evakuasi harus dilakukan segera untuk menghindari bahaya jalan licin. "Proses evakuasi juga menggunakan air supaya material tidak menempel yang menyebabkan kondisi jalan licin," kata AKP Artadana.

Sementara itu bencana alam pohon tumbang juga terjadi di jalan menuju DTW Alas Kedaton, Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Minggu (9/10) pagi. Pohon berdiamater 20 centimeter itu tumbang ke jalan membuat kendaraan roda dua dan roda empat tak bisa lewat. Penanganan dipimpin langsung Perbekel Kukuh, I Made Sugianto.

Menurut Sugianto pohon tumbang karena akarnya sudah lapuk dan pohon sudah berumur. Di samping itu Sabtu malam kawasan Desa Kukuh dilanda hujan deras. "Kami berterimakasih kepada personel Polsek Marga dan masyarakat yang secara gotong royong melakukan evakuasi pohon," tandas Sugianto. *des

Komentar