nusabali

Tim Sidak Kawasan Tanpa Rokok ke SMA/SMK dan OPD

  • www.nusabali.com-tim-sidak-kawasan-tanpa-rokok-ke-smasmk-dan-opd

SEMARAPURA, NusaBali
Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kawasan Tanpa Rokok (KTR) Kabupaten Klungkung menggelar sidak ke sejumlah sekolah SMA/SMK, Kamis (29/9) pagi.

Tim menemukan putung rokok, asbak, dan tidak ada larangan merokok di sekolah. Selanjutnya pihak sekolah yang bersangkutan langsung mendapatkan pembinaan dari Tim Monev KTR. "Pelanggaran ini menjadi perhatian kami dan pihak sekolah, dan sudah kami berikan edukasi untuk ditindaklanjuti," tegas Kasat Pol PP dan Damkar Klungkung, I Putu Suarta.

Monev KTR sesuai dengan Peraturan Daerah No 1 Tahun 2014 Kabupaten Klungkung tentang kawasan tanpa rokok (KTR). Tim Monev KTR juga menyasar sejumlah OPD dan tempat ibadah.

Setelah menggelar sidak ke sekolah, OPD dan tempat ibadah, petugas langsung turun ke warung-warung untuk menurunkan iklan rokok yang kembali dipasang. Namun, kali ini iklan rokok berkamuflase dengan iklan lainnya. Meskipun demikian petugas tetap melakukan tindakan tegas. "Kami punya semboyan lu pasang gue cabut," ujar Suarta.

Sebelumnya diberitakan, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta serius menyikapi dampak peredaran rokok di wilayahnya. Salah satunya dengan melarang pemasangan iklan rokok di Kabupaten Klungkung. Larangan iklan rokok ini sudah lama diberlakukan di Klungkung. Namun masih saja ada oknum-oknum yang membandel dengan terus memasang stiker dan spanduk rokok di warung-warung.

Bupati Suwirta juga meminta kepada para distributor dan sales rokok untuk tidak memasang iklan rokok di warung-warung maupun kios di Kabupaten Klungkung. “Saya tugaskan semua kepala desa beserta jajaran untuk membersihkan semua iklan rokok yang masih terpasang di warung, maupun kios," ujarnya.*wan

Komentar