nusabali

Olahraga Bola Tangan Rambah Pelajar di Badung

  • www.nusabali.com-olahraga-bola-tangan-rambah-pelajar-di-badung

MANGUPURA, NusaBali.com - Sebanyak 36 tim peserta yang terdiri dari pelajar SD, SMP dan SMA se-Kabupaten Badung, mengikuti kejuaraan ajang olahraga bola tangan, 'Mangupura Cup Handball 2022' yang digelar sejak 6 - 9 September 2022 di GOR Purna Krida, Kerobokan Kaja, Kuta Utara, Badung.

"Sebagai olahraga yang tergolong baru di Bali, kami berupaya gencar mensosialisasikannya kepada masyarakat, digelarnya kejuaraan ini sebagai lanjutan dari sosialisasi yang telah dilakukan terutama pada sekolah-sekolah di Kabupaten Badung," ujar Ketua Panitia Mangupura Cup Handball 2022, I Gusti Agung Ngurah Dedy Priyatna, Kamis (8/9/2022) malam.

Kejuaraan bola tangan antar pelajar yang baru pertama kalinya diadakan ini, diharapkan menjadi kawah candradimuka untuk melahirkan atlet-atlet potensial bagi Kabupaten Badung yang mampu mencetak prestasi-prestasi gemilang kedepannya, terutama dalam menghadapi Porprov Bali XV mendatang.

"Selain itu kejuaraan ini merupakan salah satu program dari Asosiasi Bola Tangan Indonesia (Pengkab ABTI) Kabupaten Badung, yang dapat terselenggara berkat bantuan dana pembinaan dari KONI Badung dan support Ketua Umum ABTI Badung, Wayan Luwir Wiana," terang Gung Dedy sapaan akrabnya.

Dalam kejuaraan yang diikuti tim bola tangan putra dan putri berbagai tingkatan sekolah dari enam kecamatan di Badung ini, pada Jumat (9/8/2022)  akan memasuki fase puncak, terhitung enam pertandingan final akan terselenggara yang terdiri dari final kategori putra dan putri SD, putra dan putri SMP serta putra dan putri SMA. 

Dimana duel menarik akan tersaji di kategori final putri SMA yang mempertemukan derby antar tim satu sekolah, SMAN 2 Kuta Selatan A vs SMAN 2 Kuta Selatan B.

"Kami melihat dari antusiasme tinggi para peserta, semoga kedepannya olahraga bola tangan ini dapat masuk menjadi program ekstrakulikuler sekolah di Badung dan tahun depan bisa dipertandingkan di pekan olahraga pelajar (Porjar) Badung," tutur Gung Dedy.

Bola tangan (handball) sendiri merupakan salah satu cabang olahraga permainan yang cara bermainnya dengan mengoper bola dengan tangan ke sesama anggota tim dengan tujuan memasukkan ke gawang lawan. Bola tangan dimainkan dua tim yang berisi tujuh orang dalam satu kelompok dan telah dipertandingkan sejak tahun 1936 di Olimpiade Berlin untuk kategori handball outdoor.

"Seperti perpaduan antara olahraga basket dan juga futsal dengan teknik dasarnya mirip seperti basket, hanya cara shootingnya (menembak ke gawang  lawan untuk mencetak gol) mirip ke futsal, karena di bola tangan juga ada kipernya (penjaga gawang)," tutup Gung Dedy.*aps

Komentar