nusabali

SDN 1 Serongga Diserbu Ulat Bulu

  • www.nusabali.com-sdn-1-serongga-diserbu-ulat-bulu

GIANYAR, NusaBali
SDN 1 Serongga, Kecamatan/Kabupaten Gianyar diserbu ulat bulu. Ulat bulu tersebut berasal dari pohon kenanga di belakang sekolah, merayap hingga ruang kelas sehingga proses belajar mengajar terganggu.

Bhabimkatibmas Desa Serongga Aiptu Gusti Ketut Sarya bersama Perangkat Desa Serongga datang ke SDN 1 Serongga untuk semprotkan disinfektan untuk menghalau ulat bulu, Senin (5/9) siang.

Aiptu Gusti Ketut Sarya mengatakan, serangan ulat bulu sejak Sabtu (3/9). Sebelum disemprotkan disinfektan, petugas Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar berikan obat serangga pada batang pohon kenanga. Menurutnya, awalnya di pohon kenanga ada banyak ulat. Daun-daun sampai habis digerogoti. “Bapak perbekel melapor ke Dinas Pertanian dan petugas Dinas Pertanian melubangi pohon dan diolesi obat. Ulat pun berjatuhan, ada ribuan,” ungkap Aiptu Gusti Ketut Sarya.

Saking banyaknya ulat bulu, warung yang berjarak sekitar 30 meter dari sekolah juga ditemukan ada ulat bulu sejenis. Agar ulat yang berjatuhan tidak menyebar luas, Aiptu Gusti Ketut Sarya langsung melakukan penyemprotan disinfektan. Beruntung tidak ada siswa yang mengalami gatal-gatal. Terpisah, Kapolsek Gianyar Kompol I Ketut Tomiyasa mengatakan ulat bulu di SDN 1 Serongga sudah teratasi. Telah disemprot dengan disinfekatan.

Sementara, Kadis Pertanian Kabupaten Gianyar, I Made Raka turun ke SDN 1 Serongga untuk melihat situasi. Kesimpulan sementara terjadi ketidakseimbangan ekosistem. “Biasanya perkembangbiakan ulat bulu yang begitu cepat karena tidak adanya predator, ekosistem tidak seimbang,” uncap Made Raka. Meski bisa berkembang sangat cepat, ulat bulu bukan termasuk hama tanaman. Menanggulangi ulat bulu bisa dilakukan dengan cara disapu atau dibakar. Jika jumlahnya banyak bisa gunakan cairan disinfektan. “Jika masih tidak bisa, gunakan insektisida,” jelas Made Raka. *nvi

Komentar