nusabali

Puri Ageng Mengwi Kembali Gelar Lomba Bapang Barong dan Mekendang Tunggal

  • www.nusabali.com-puri-ageng-mengwi-kembali-gelar-lomba-bapang-barong-dan-mekendang-tunggal

MANGUPURA, NusaBali
Puri Ageng Mengwi kembali akan menggelar lomba Bapang Barong dan Mekendang Tunggal setelah sempat ditiadakan akibat pandemi Covid-19.

Kegiatan bertajuk Taman Ayun Barong Festival Regeneration & Superstar 2022 akan dilaksanakan pada 10-11 September 2022 di kawasan Pura Taman Ayun. Pangelingsir Puri Ageng Mengwi AA Gde Agung, mengatakan digelarnya kembali lomba tersebut agar kecintaan para generasi muda terhadap Barong turus tumbuh dan bekembang. Untuk itu, pihaknya juga menggelar lomba untuk kategori regenerasi yang berusia 13 sampai 15 tahun.

“Kami ingin generasi muda para ABG tetap cinta terhadap barong. Terlebih barong khususnya Barong Ket telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO. Apalagi tempatnya di Pura Taman Ayun yang juga telah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO,” kata Gde Agung, Senin (5/9).

Dikatakan, Taman Ayun Barong Festival Regeneration & Superstar 2022 akan mempertemukan para juara 1 Bapang Barong dan Mekendang Tunggal se-Bali. Bupati Badung periode 2005-2015 tersebut menambahkan, yang spesial di tahun 2022, yakni peserta Bapang Barong satu paket dengan Tari Bojog. “Jadi Barong dan Bojognya akan sama-sama dapat hadiah. Sementara untuk peserta Kendang Tunggal akan dinilai terpisah dari Bapang Barong. Peserta yang Bapang Barong dan Kendang Tunggal itu pun akan diundi. Peserta Bapang Barong dan Kendang Tunggal itu tarung bebas,” jelas Gde Agung yang kini anggota DPD RI.

Lebih lanjut dikatakan, lomba akan diadakan tanpa dipungut biaya alias gratis. Namun sejumlah persyaratan harus dipenuhi oleh calon peserta. Di antaranya, lomba Bapang Barong Ket satu paket dengan Penari Bojog dengan usia maksimal 30 tahun. Lomba Mekendang Tunggal Barong Ket berusia maksimal 30 tahun. Persyaratan usia tersebut dibuktikan dengan kartu identitas atau akta kelahiran. Persyaratan lainnya, yakni calon peserta Mekendang Tunggal Barong Ket telah memiliki minimal 3 piagam juara 1. Pun demikian dengan peserta Mekendang Tunggal wajib menunjukan 3 piagam juara 1.

Taman Ayun Barong Festival Regeneration & Superstar 2022 akan dilaksanakan pada 10 dan 11 September 2022. Untuk pertunjukan yang akan digelar di dua tempat dalam satu kawasan. Untuk Bapang Barong dan Mekendang Tunggal akan dilaksanakan pada pukul 18.00 Wita sampai selesai bertempat di depan Kori Agung Pura Taman Ayun. Sementara untuk peserta regenerasi akan dimulai pada pukul 14.00 Wita sampai pukul 17.00 Wita bertempat di wantilan di kawasan Pura Taman Ayun.

“Kegiatan ini dilakukan secara gratis, baik peserta maupun penonton. Jadi masyarakat bebas tanpa tiket untuk menyaksikan pementasan Bapang Barong dan Mekendang Tunggal,” ajak Gde Agung. *ind

Komentar