nusabali

Petugas Puskeswan Gianyar Sterilkan Anjing

Cegah Pembiakan dan Aksi Anjing Liar

  • www.nusabali.com-petugas-puskeswan-gianyar-sterilkan-anjing

GIANYAR, NusaBali
UPTD Puskeswan III Gianyar melakukan kastrasi (pengebirian) anjing jantan lokal dan steril anjing betina lokal di Perumahan Taman Nuansa Tjampuhan, Desa Pering, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar.

Upaya ini untuk mencegah rabies dengan cara mengurangi perkembangbiakan anjing. "Kastrasi anjing jantan lokal sebanyak 5 ekor & steril anjing betina lokal 9 ekor," jelas Kepala UPTD Puskeswan III Kabupaten Gianyar drh I Nyoman Aryadharma, Senin (29/8). Selain itu, UPTD bekerja sama dengan PDHI (Persatuan Dokter Hewan Indonesia) Kabupaten Gianyar dan FKH (Fakultas Kedokteran Hewan) Unud juga memvaksinasi anti rabies terhadap 50 ekor anjing peliharaan warga. Dalam kesempatan tersebut, drh Aryadharma meminta kepada masyarakat agar anjing yang dipelihara baik dengan cara dikandangkan atau diikat.

Ketua Lingkungan Perumahan Taman Nuansa Tjampuhan, Refly menyambut baik kedatangan petugas. Pihaknya berharap dengan menekan perkembangbiakan anjing wilayah perumahannya bisa aman dari rabies. Vaksinasi dan steril ini juga penting dilakukan mengingat kawasan perumahan ini menjadi jalur lintasan peserta lari kelas dunia Marathon Maybank, Minggu (28/8).

"Jadi sebagai warga kami merasa perlu mendukung kegiatan ini, salah satunya dengan memvaksinasi anjing peliharaan dan menjaga anjing agar tidak keluar rumah saat kegiatan berlangsung," jelasnya.*nvi

Komentar