nusabali

Ini Dia, Perempuan Pertama Terpilih Lewat Pilkel Serentak

  • www.nusabali.com-ini-dia-perempuan-pertama-terpilih-lewat-pilkel-serentak

Ni Komang Sari Darmawati, 37, mengukuhkan diri sebagai perempuan pertama di Bali yang berhasil lolos sebagai kepala desa (Perbekel) melalui pesta demokrasi Pemilihan Perbekel (Pilkel) 2015 serentak. 

Pencalonan Sari Darmawati ke Pilkel Tampekan 2015 juga terbilang unik. Awalnya, Sari Darmawati mengaku tidak begitu tertarik dengan urusan politik, apalagi mencalonkan diri. Namun, karena dorongan dari para tokoh masyarakat dan warga sekampung, ibu dua anak ini akhirnya luluh dan bersedia maju.

“Saya mendaftarkan diri di hari terakhir pendaftaran, sudah mau penutupan kala itu, karena awalnya saya tidak berniat. Tapi, karena BPD dan LPM, juga warga meminta saya, kebetulan keluarga mendukung, ya saya akhirnya mau mendaftar,” tutur Sari Darmawati kepada NusaBali seusai pelantikan di Singaraja, Selasa kemarin.

Karena dorongan itu pula, Sari Darmawati menganggap Pilkel Tampekan 2015 tidak ada kaitannya dengan politik. Di samping itu, seluruh calon juga mengedepankan kebersamaan dalam proses Pilkel. 

“Karena ada dorongan dari masyarakat itu, Pilkel saya anggap bukan urusan politik. Saya anggap mencalonkan diri untuk memenuhi keinginan masyarakat,” kenang perempuan dengan pendidikan formal terakhir SMEA Singaraja ini. “Saya lebih memilih sebagai Perbekel, bukan meniti karier di PNS, karena ada dorongan dari masyarakat. Selain itu, sebagai Perbekel maupun PNS sama saja, karena sama-sama mengabdi dan melayani masyarakat,” imbuhnya.

Namun, usut punya usut, Sari Darmawati memang memiliki garis keturunan sebagai Perbekel di Desa Tampekan. Pasalnya, almarhum ayahnya, I Ketut Karta, juga pernah menjadi Perbekel Tampekan dan menjabat hingga dua kali periode. 7 

Komentar