nusabali

Jembrana Uji Coba e-Parking

  • www.nusabali.com-jembrana-uji-coba-e-parking

Di masa uji coba dan sosialisasi, penggunaan uang elektronik masih tidak diwajibkan untuk membayar parkir.

NEGARA, NusaBali
Pemkab Jembrana melalui Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tri Bhuwana Jembrana melaksanakan uji coba penerapan parkir elektronik (e-Parking).

Dalam masa uji coba ini, ada dua areal parkir yang sudah dipasangi mesin e-Parking, masing-masing di Sentral Parkir Pasar Umum Negara, Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana, dan di Areal Parkir Anjungan Betutu Gilimanuk (ABG), Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya.

Pemasangan mesin e-Parking tersebut sebelumnya telah dilaunching oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba, di Sentral Parkir Pasar Umum Negara, Sabtu (20/8) lalu. Dalam masa uji coba ini, masih dilakukan sosialisasi, baik untuk cara pengambilan tiket parkir termasuk sosialisasi sejumlah kartu uang elektronik yang bisa digunakan untuk mengakses e-Parking tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan, Kelautan dan Perkirakan (PKP) Jembrana I Ketut Wardana Naya, Senin (22/8), mengatakan, sistem e-parking itu disediakan oleh Perumda yang bekerjasama  dengan salah satu perusahaan swasta. Untuk sementara baru dipasang di dua tempat dan masih tahap uji coba.

Dalam masa uji coba, para pengguna jasa parkir masih dilayani secara manual. "Sekarang ini masih uji coba sekalian sosialisasi. Belum harus menggunakan uang elektronik. Makanya masih ada petugas kita di pintu keluar yang jaga untuk mungut uang parkir," ujar Wardana Naya.

Dalam pengadaan e-Parking tersebut, kata Wardana Naya, bertalian dengan rencana Perumda untuk mengambil pengelolaan parkir yang saat ini langsung dikelola dinas. Namun untuk peralihan pengelolaan parkir itu, masih menunggu hasil uji coba e-Parking tersebut.

“Ya nanti ada rencana pengelolan parkir diambil Perumda. Nanti dia yang setor ke kita dan ada sharing hasil dengan Perumda. Tetapi itu nanti lihat dulu bagaimana selama ujicoba. Rencana ujicoba dilakukan beberapa bulan ke depan, dan nanti akan dievaluasi setelah bulan Desember," ucap Wardana Naya.

Untuk diketahui, ada 4 kartu uang elektronik yang dirancang bisa untuk mengakses e-Parking yakni kartu e-Money dari PT Bank Mandiri, kartu Brizzi dari PT Bank Rakyat Indonesia, kartu TapCash dari PT Bank Negara Indonesia, dan kartu Flazz dari PT Bank Central Asia.

"Beberapa ada yang sudah pakai kartu. Tetapi sebagian besar masih manual," ujar salah satu petugas Perumda Tri Bhuwana Jembrana yang ditemui berjaga di depan pintu masuk Sentral Parkir Pasar Umum Negara, Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana, Jembrana, Senin kemarin. *ode

Komentar