nusabali

Ujian Kejar Paket C Bertepatan Hari Raya Kuningan, Disdikpora Khawatir Ada Peserta Absen

  • www.nusabali.com-ujian-kejar-paket-c-bertepatan-hari-raya-kuningan-disdikpora-khawatir-ada-peserta-absen

Total peserta ujian kejra Paket C di Kabupaten Badung sebanyak 257 orang. Ujian nasional Paket C hari perdana dilaksanakan Sabtu (15/4) hari ini.

MANGUPURA, NusaBali

Ujian nasional kesetaraan atau Kejar Paket C di Kabupate Badung siap diikuti 5 pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM), Sabtu (15/4) hari ini. Pelaksanaan ujian kejar Paket C kali ini berbarengan dengan Hari Raya Kuningan. Muncul kekhawatiran peserta yang beragama Hindu sedikit yang datang karena harus melakukan persembahyangan.

Kekhawatiran ini diutarakan Kepala Disdikpora Badung I Ketut Widia Astika, Jumat (14/4). “Iya, kami sedikit khawatir, karena ujiannya bertepatan dengan hari raya. Tapi mudah-mudahan seluruh peserta yang sudah terdaftar bisa hadir,” harapnya. Terkait hal ini, pihaknya mengaku sudah berupaya berkoordinasi dengan pihak penyelenggara termasuk dengan peserta ujian.

Dia mengakui, jadwal ujian Kejar Paket C setara SMA/SMK adalah ketentuan dari pusat. Pemerintah daerah sebetulnya sudah berupaya memindahkan waktu pelaksanaan ke hari yang lain, tapi keputusannya tetap harus dilaksanakan sesuai keputusan pusat. “Kami harapkan seluruh peserta datang. Kan sia-sia bila tidak mengikuti ujian, sudah belajar selama ini.”

Mengenai kesiapan dari segi naskah bagi tiga PKBM yang menyelenggarakan ujian nasional berbasis kertas dan pensil UNBKP yakni di Widya Giri (Kecamatan Petang), Widya Sentana (Kecamatan Kuta Utara), dan Werdi Sastra (Kecamatan Kuta Selatan), sudah tidak ada masalah. Pun begitu untuk dua PKBM yang menyelenggarakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) seperti di Widya Candra (Kecamatan Abiansemal) dan Mentari Fajar (Kecamatan Kuta Selatan) juga sudah siap. “Yang menyelenggarakan UNBKP di tempat masing-masing, sedangkan uang ikut UNBK, seperti Widya Candra melaksanakan di SMPN 1 Abiansemal dan untuk Mentari Fajar melaksanakan di SMPN 2 Kuta Selatan,” jelas Astika.

Dari data yang dihimpun, peserta Kejar Paket C di Widya Giri berjumlah 34 orang, Widya Candra sebanyak 83 orang, Widya Sentana berjumlah 89 orang, Mentari Fajar sebanyak 23 orang, dan Werdi Sastra berjumlah 28 peserta. Sehingga total berjumlah 257 peserta.

Adapun jadwal pelaksanaannya yakni Sabtu (15/4) dan Minggu (16/4). Kemudian dilanjutkan pada Sabtu (22/4) dan Minggu (23/4). Waktu pelaksanaannya mulai dari pukul 07.30-09.30 Wita dan 10.30-12.30 Wita. * asa

Komentar