nusabali

Gempa Karangasem, 26 Rumah Rusak

  • www.nusabali.com-gempa-karangasem-26-rumah-rusak
  • www.nusabali.com-gempa-karangasem-26-rumah-rusak

Walaupun ‘hanya’ berkekuatan 2,9 SR, namun getaran gempa membuat genteng berjatuhan dan kerusakan tembok.

AMLAPURA, NusaBali

Gempa berkekuatan 2,9 SR, di Desa Tianyar Barat, Kecamatan Kubu, Karangasem, Jumat (29/7), pukul 19.57 Wita, menyebabkan 20 rumah warga rusak ringan. Sedangkan gempa di Desa Tianyar Tengah, merusak 6 rumah rusak ringan, total 26 rumah.

Hanya beberapa bilah genteng yang jatuh berserakan, sedangkan kerusakan tembok dan material lainnya belum didata. “Kami masih melakukan pendataan di lapangan, laporannya belum lengkap. Sementara, kami pantau sejumlah genteng rumah warna berjatuhan, mengakibatkan rusak ringan,” jelas Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Bagus Ketut Arimbawa, dihubungi usai melakukan pemantauan di Amlapura, Sabtu (30/7).

Sementara kata Ida Bagus Ketut Arimbawa, pendataan dilakukan di Desa Tianyar Barat, menemukan 20 rumah di Banjar Tegal Sari, Banjar Taman Sari, Banjar Bengkok, dan Banjar Buana Pule. Kerusakan juga dilaporkan terjadi pada bale banjar dan pura.

Disebutkan sejumlah rumah warga yang mengalami rusak ringan, yakni, milik: I Gede Eka Wicaksana di Banjar Tegal Sari, I Nengah Suarta dari Banjar Tegal Sari, I Nyoman Lanang dari Banjar Tegal Sari, I Gede Sentana Wirawan di Banjar Miyeh, Bale Banjar Batumiyeh, I Made Catur Adi Candrawan di Bengklok, Pura Dadia karang jajar di Banjar Bengklok, I Gede Selat di Banjar Bengklok,  I Made Ngurah di Banjar Bengklok, I Ketut Merta Yasa di Banjar Bengklok, I Made Wirta di Banjar Bengklok, I Gede Suastika di Banjar Bengklok, I Nengah Neli di Banjar Bengklok, I Ketut Mepek di Banjar Bengklok, SDN 5  Tianyar Barat, I Kadek Suarjana di Banjar Taman Sari, I Gede Darma di Banjar Taman Sari, Poskesdes Desa Tianyar Barat, Bale Banjar Adat Sukasari, I Ketut Pait di Banjar Taman Sari, Pura Sendetan Pasek Gelgel, I Nyoman Putu Sopak di Banjar Taman Sari, I Ketut Sudarma di Banjar Taman Sari, Pura Kahyangan Desa Sukasari, I Gede Rija di Banjar Batumiyeh.

“Kami juga nantinya menelusuri dampak gempa di Desa Tianyar Tengah, Kecamatan Kubu karena ada laporan, rumah warga juga rusak,” jelasnya. *k16

Komentar