nusabali

Semarak HUT Puputan Klungkung Ke-109 dan Kota Semarapura Ke-25, Dari Barong Somi hingga Penyanyi Raisa

  • www.nusabali.com-semarak-hut-puputan-klungkung-ke-109-dan-kota-semarapura-ke-25-dari-barong-somi-hingga-penyanyi-raisa

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memimpin langsung rapat pemantapan persiapan perayaan Hari Puputan Klungkung ke-109 dan HUT Kota Semarapura ke-25, di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor Bupati setempat, Jumat (7/4).

SEMARAPURA, NusabBali

Kehadiran bupati ini menandakan kualitas perayaan tersebut mesti ditingkatkan oleh panitia serta semua pihak yang terlibat.

Beberapa hal yang menjadi penekanan penting dalam rapat tersebut, antara lain, persiapan penampilan tarian Rejang Renteng massal dengan 800an penari. Pantas tari ini di Catus Pata Klungkung. Selain itu, perayaan ini akan dirangkai dalam Festival Semarapura III, 28 April, akan dibuka Menteri Pariwisata RI. Festival diawali dengan penampilan gambelan Adi Merdangga di depan Monumen Puputan Klungkung. Pada hari yang sama akan dibuka pameran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, danm Menengah)   dan kuliner khas Klungkung, dan bursa tenaga kerja (job fair).

Perayaan itu juga akan diisi pelbagai kegiatan dan lomba melibatkan para siswa dan pelajar, organisasi masyarakat (ormas) dan masyarakat. Bidang olahraga akan diselenggarakan lomba tarik tambang antar perangkat daerah, antar desa/ormas, lomba megala-gala, fun bike, lomba panjat tebing se-Bali, yoga massal, kejuaraan motocross dan jalan sehat.

Bidang seni dan budaya akan digelar lomba mewarnai dan menggambar wayang kamasan, lomba menggambar baliho, lomba fotografi, seni mural, gong kebyar, demo seni pelukis Suklu, pagelaran barong somi, lomba penjor, lomba megala gala, lomba teater, lomba menjunjung sok nasi, lomba enggrang atau matajog, lomba terompah, lomba gender wayang, parade mebat SD dan SMP, serta parade lagu pop Bali.

Pada hari terakhir sekaligus penutupan Festival Semarapura ke III, 2 Mei 2017 akan tampil artis nasional, Raisa. Raisa akan tampil di panggung terbuka depan Monumen Puputan Klungkung dengan membawakan lagu lagu andalannya. Areal Catus Pata Klungkung akan dihias dengan puluhan penjor peserta lomba yang dipasang membentuk Tapak Dara disisi utara, timur, selatan, dan barat .

Bupati Suwirta berharap dengan pelaksanaan seluruh rangkaian acara ini diharapkan dapat memberikan kesan yang luar biasa kepada masyarakat yang hadir dan seluruh masyarakat Klungkung. Seperti halnya Nusa Penida dan Lembongan yang mengalami peningkatan kunjungan wisatawan setelah penyelenggaraan festival, Kota Semarapura juga diharapkan akan mengalami hal serupa.

Turut hadir dalam rapat, Wabup Klungkung Made Kasta selaku Ketua Umum Pantap Hari Puputan Klungkung, Sekda Gede Putu Winastra, dan para pimpinan OPD (organisasi perangkat daerah).

Sementara itu, para penari Rejang Renteng sudah mulai persiapan latihan. Di antaranya, di Balai Budaya Ida I Dewa Agung Istri Kanya, sekolah-sekolah dan tempat lain. *wa

Komentar